Breaking News:

Berita Kriminalitas

Terbukti Lakukan Penipuan Gadaikan Mobil Rental, Elisabeth Divonis Satu Tahun Dua Bulan Penjara

Pengadilan Negeri (PN) Kota Pangkalpinang menjatuhkan vonis satu tahun dua bulan penjara terhadap terdakwa Elisabeth

Bangkapos.com/Rizky Irianda Pahlevy
Suasana sidang saksi dengan terdakwa Elisabeth, melalui video telekonferens di Pengadilan Negeri (PN) Kota Pangkalpinang. 

BANGKAPOS.COM, BANGKA-- Pengadilan Negeri (PN) Kota Pangkalpinang menjatuhkan vonis satu tahun dua bulan penjara terhadap terdakwa Elisabeth, atas tindak pidana penipuan, Rabu (16/09/2020).

Vonis tersebut dibacakan oleh majelis hakim yang dipimpin oleh Corry Octarina, usai pada sidang sebelumnya Jaksa Penuntut Umum (JPU) menuntut terdakwa Elisabeth dengan hukuman satu tahun enam bulan penjara.

"Telah terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana penggelapan yang dilakukan secara bersama-sama, sebagaimana dalam pasal 372 KUHP Jo Pasal 55 ayat 1 ke 1 KUHP," kata Corry Octarina.'

Namun pada vonis tersebut tidak hanya diberikan kepada terdakwa Elisabeth saja, tetapi dua terdakwa lainnya yakni Robert dan Julian yang terseret dalam kasus yang sama juga divonis 10 bulan penjara usai sebelumnya dituntut satu tahun penjara.

Atas vonis tersebut ketiga terdakwa yang tak didampingi penasihat hukum secara serentak menerima putusan tersebut, sedangkan untuk JPU Erni Yusnita masih pikir-pikir mengenai putusan tersebut

Sebelumnya diketahui ketiganya menjadi terdakwa usai diduga melakukan tindak pidana penipuan, dengan menggadaikan tiga unit mobil rental yakni satu unit mobil Toyota Avanza, satu unit mobil Honda Mobilio dan satu unit mobil Daihatsu Sigra kepada tiga korban.

Lebih lanjut dalam sidang dengan agenda pemeriksaan terdakwa, Elisabeth mengaku menjadi otak dari dua terdakwa lainnya untuk menggadai mobil rental.

"Saya pinjam tiga mobil dari Yuwanita, saya pinjem mobil sigra Desember 2019, lalu Mobilio maret dan avanza saya pinjem dua hari setelah Idul Fitri 2020. Awalnya memang untuk rental saja, Sigra saya gadai Rp 4 juta, sampai sekarang belum saya kembalikan uang itu," ungkap  terdakwa Elisabeth, Senin (07/09/2020).

Selain itu dihadapan majelis hakim yang dipimpin oleh Corry Octarina, terdakwa Elisabeth mengaku masih ada mobil rental lainnya yang digadaikan oleh terdakwa.

"Total mobil yang dititipin ke saya itu ada belasan mobil. Iya saya otaknya pak, alasannya karena saya juga buka rental tapi ada mobil yang tabrakan jadi biayanya untuk nutupin uang bengkel jadi buka lobang tutup lobang," jelasnya.

Halaman
12
Penulis: Rizki Irianda Pahlevy
Editor: nurhayati
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved