Breaking News:

Pilkada Bangka Barat

Terus Ingatkan Pencegahan Covid-19, Kapolda Cek Kesiapan Pengamanan Pilkada Bangka Barat

Kapolda Babel, Irjen Pol Anang Syarif Hidayat, mengecek kesiapan personel dalam apel gelar pasukan, simulasi Sispamkota Pilkada 2020 di Bangka Barat.

bangkapos.com/anthoni ramli
KAPOLDA Babel, Irjen Pol Anang Syarif Hidayat, mengecek kesiapan personel dalam apel gelar pasukan, simulasi Sispamkota Pilkada 2020 di Bangka Barat, Rabu (16/9/2020). 

BANGKAPOS.COM - Kapolda Kepulauan Bangka Belitung, Irjen Pol Anang Syarif Hidayat, mengecek kesiapan personel dalam apel gelar pasukan, simulasi Sispamkota Pilkada 2020 di Bangka Barat, Rabu (16/9/2020).

Kegiatan yang juga dihadiri Gubernur Babel, Erzaldi Rosman, Danrem 045 Garuda Jaya, Brigjen M Jangkung, serta unsur Forkopimda Babel dan Babar ini, digelar di Lapangan Atletik Pemkab Babar.

Diakui Anang, gelar pasukan ini sebagai wujud menyamakan visi, persepsi, pola pikir, pola tindak sekaligus mengecek kesiapan personel, sarana dan prasarana peralatan yang ada, yang akan digunakan dalam pelaksanaan Pilkada pada Desember 2020.

"Namun kita harus ingat di tengah Pilkada ini, kita juga tengah dilanda Covid-19, walaupun Babar termasuk daerah zona hijau yang sangat sedikit terpapar virus, paling tidak kita harus tetap mempertahankan protokol Covid-19 di tengah pelaksanaan Pilkada ini sejak awal tahapan," tegas Anang.

Menurutnya, hal ini juga sudah tertuang dalam PKPU. "Bila dalam pelaksanaan nanti muncul klaster baru, tentunya akan membuat kredibilitas Paslon akan jatuh. Jadi kami sarankan Paslon untuk turut menjaga pelaksanaaan kampanye, tidak hanya sekedar menyampaikan visi misi, tapi menjaga protokol kesehatan," ujarnya.

Anang juga berpesan agar penyelanggara Pemilu dan unsur pengamanan menjaga netralitas dalam Pilkada.

"Kita ditugaskan sebagai pelaksana dan penyelenggara Pemilu, intinya adalah kepercayaan luar biasa negara kepada kita. oleh karena itu jagalah kepercayaan ini dengan bersikap netral tidak berpihak kepada siapapun," katanya.

Komitmen netralitas
Kapolda Babel, Irjen Pol Anang Syarif Hidayat juga menitipkan pesan kepada jajarannya
menjunjung tinggi profesionalitas, proposionalitas serta tetap memegang teguh komitmen tanpa melihat kelompok tertentu.

Termasuk, bersinergi dan bekroordinasi serta berkolaborasi dengan semua unsur agar pelaksanaan Pilkada berjalan dengan baik, aman, sejuk dan damai serta bebas dari Covid-19.

"Pelajari dan pahami PKPU nomor 5, 9 dan 10 tahun 2020 terkait penerapan protokol kesehatan dan setiap tahapan pilkada tahun 2020 khususnya tentang pembatasan jumlah peserta kampanye. Rapat umum maksimal 100 orang, dan itupun dilaksanakan satu kali tiap-tiap Paslon, sedangkan untuk rapat terbatas maksimal 50 orang. Demikian juga debat maksimal 50 orang," tegas Anang.

Dirinya juga meminta agar jajarannya mengajak seluruh Paslon dan Parpol pendukung untuk bersama-sama mendeklarasikan komitmen mematuhi protokol kesehatan pada setiap tahapan Pilkada 2020.

"Lakukan kembali sosialisasi penerapan protokol kesehatan secara masif dengan melibatkan tokoh agama, tokoh adat, tokoh masyarakat, youtuber, artis dan lain-lain yang dapat diterima dan didengar oleh masyarakat sekitar," jelasnya.

Pihaknya juga meminta agar penegakan hukum dilakukan secara tegas, namun tetap humanis.

"Hindari tindakan arogan yang dapat merugikan citra Polri di mata masyarakat, marilah kita tekankan jiwa kita, raga kita, semangat kita untuk menyukseskan Pemilu ini dengan baik," pungkasnya. (bangkapos.com/anthoni ramli)

Penulis: Antoni Ramli
Editor: Ajie Gusti Prabowo
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved