Breaking News:

Berita Pangkalpinang

Gangguan Psikologis Juga Terjadi di Usia Anak-anak, Berikut Kondisi Psikologis yang Baik

Wahyu Kurniawan mengatakan gangguan psikologis tidak hanya menimpa orang yang telah dewasa, namun hal ini bisa menimpa anak-anak.

bangkapos.com/Sela Agustika
Dosen prodi psikologi IAIN SAS Babel, Wahyu kurniawan 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Dosen Program Studi Psikologi IAIN SAS Babel, Wahyu Kurniawan mengatakan gangguan psikologis tidak hanya menimpa orang yang telah dewasa, namun hal ini bisa menimpa anak-anak.

Dia mengungkapkan dalam definisi WHO seseorang yang bisa dianggap sehat secara psikologisnya setidaknya harus memiliki kondisi yang baik mulai dari illness, sickness dan disease.

"Dalam terjemahan mudahnya ialah memiliki kondisi yang baik dari sisi biologis seperti syaraf, otak, metabolisme dan lain yang ada hubungannya dengan biologi," jelas Wahyu, Kamis (17/9/2020).

Seseorang yang memiliki kondisi baik dari sisi psikologis, yakni seperti tidak emosional, tidak terlalu sensitif, tidak mengurung diri, tidak berprasangka buruk, tidak julid atau benci.

"Kondisi yang dilakukan ini harus sesuai dengan norma sosial yang ada," ucapnya.

Dikatakan Wahyu, illness, sickness dan disease bisa dijadikan tolak ukur untuk mendiagnosa apakah anak berpotensi gangguan psikologis.

"Namun untuk memastikannya maka perlu melakukan konsultasi dan asesment dengan psikolog (klinis) atau psikiatri. Contoh saja misalkan, ada anak dengan pola asuh yang otoriter berpotensi menjadikan anak takut dan sebagainya, namun tergantung sang anak juga," sebut Wahyu.

Menurutnya, banyak faktor yang menyebabkan anak mengalami gangguan psikologis, diantaranya pola asuh yang salah, kekerasan dalam rumah tangga (KDRT), gangguan biologis yang menyebabkan kontrol diri yang tidak terarah, korban bully, orang tua dengan tidak utuh atau perceraian.

"Maka masing-masing kasus ini tidak sama dampaknya," kata Wahyu.

(*)

Penulis: Sela Agustika
Editor: Rusaidah
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved