Breaking News:

Berita Pangkalpinang

Kasus Covid-19 Semakin Meningkat, Dokter Riza Minta Pemerintah Cepat Tanggap dan Ambil Kebijakan

Praktisi Kesehatan atau Dokter Umum, dr Riza mengatakan memang jumlah pasien terpapar Covid-19 semakin meningkat dari informasi yang diperoleh.

Istimewa/dr Riza
Praktisi Kesehatan atau Dokter Umum, dr Riza. 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Gedung BKPSDM Pemprov Babel hanya menyisakan 15 kamar untuk merawat warga terpapar virus corona (Covid-19).

Sebanyak 45 kamar lainnya sudah diisi untuk mengkarantina warga terkonfirmasi positif Covid- 19.

Praktisi Kesehatan atau Dokter Umum, dr Riza mengatakan memang jumlah pasien terpapar Covid-19 semakin meningkat dari informasi yang diperoleh.

"Kebanyakan itu (orang yang terpapar Covid-19) perjalanan dari luar Bangka Belitung. Jadi Covid-19 itu masih ada dan malah meningkat yang diperparah oleh banyaknya arus datang pelaku perjalanan ke Bangka Belitung," ujar dr Riza, Kamis (17/9/2020).

Ia berharap pemerintah daerah cepat tanggap dan mengambil langkah-langkah yang bijak sebagai cara mengantisipasi agar kasus di Bangka Belitung tidak semakin bertambah.

"Antar jumlah fasilitas kesehatan dan SDM yang ada belum mencukupi bila banyak yang terpapar Covid-19," sebut dr Riza.

Maka diharapkan diatur lagi bagaimana mengatur pertumbuhan ekonomi dan kesehatan agar berimbang.

"Lebih menyedihkan, ini pelaku perjalanan membawa Covid-19 dan terkena satu keluarga, itu kasian. Jadi tolong diambil kebijakan bagaimana mengatur pelaku perjalanan bika tidak urgent sebaiknya di tahan dulu bepergian," kata dr Riza.

Menurutnya, memang kesadaran masyarakat mulai menurun karena jenuh namun masyarakat tetap harus bersikap bijak dan memahami bahwa Covid-19 masih ada.

Tentu saja dengan menerapkan protokol kesehatan meliputi gunakan masker, sering cuci tangan atau membawa hand sanitizer dan menjaga jarak di keramaian.

Walupun masker digunakan namun tidak bisa menghindari kerumunan atau jaga jarak, tentu ini masih perlu perhatian.

"Orang masih ramai berkumpul di rumah makan, kafe atau tempat hiburan dibandingkan rumah sakit. Ini menunjukkan mereka sudah bosan dan mencari hiburan. Maka perlu tindakan dari pemerintah daerah dan kebijakan yang baik," tutur dr Riza.

(*)

Penulis: Cici Nasya Nita
Editor: Rusaidah
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved