Breaking News:

Berita Pangkalpinang

Pelanggar Penggunaan Masker di Babel Hanya Disuruh Menyanyi, Bakal Didenda Jika Sudah Ada Perda

Kapolda Kepulauan Bangka Belitung Irjen Pol Anang Syarif Hidayat mengatakan saat ini sanksi yang diberikan warga hanya berupa sanksi hukuman ringan.

Penulis: deddy_marjaya | Editor: El Tjandring
bangkapos.com/deddy marjaya
Seorang warga yang tak memakai masker diberikan hukuman menyanyi lagu kebangsaan Kamis (17/9/2020) didepan Bess Cinema Pangkalpinang. 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Kapolda Kepulauan Bangka Belitung Irjen Pol Anang Syarif Hidayat mengatakan saat ini sanksi yang diberikan warga hanya berupa sanksi hukuman ringan.

Kapolda mengatakan belum ada pemberlakuan hukuman sanksi denda atau lainnya.

"Warga yang kedapatan tidak memakai masker kita berikan sanksi berupa sanksi sosial, hukuman fisik dan administratif," kata Kapolda di sela kegiatan pengecekan penggunaan masker di Kota Pangkalpinang ibukota Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Kamis (17/9/2020).  

"Kalau untuk sanksi denda kita harus menunggu perdanya dulu untuk diterapkan," katanya lagi. 

Irjen Pol Anang Syarif Hidayat bersama Danrem Brigjen TNI M Jangkung mendatangi sejumlah kawasan di Pangkalpinang mengecek pemakaian masker di masyarakat.

Seperti di kawasan Pasar Pembangunan, Simpang Bess Cinema dan Pasar Kerabut.

Di Simpang Bess Cinema Tim Satgas Covid 19 aparat gabungan dari Polres Pangkalpinang dan TNI melakukan razia penggunaan masker.

Seluruh kendaran dihentikan saat dilakukan razia penggunaan masker.

Mereka yang kedapatan tidak memakai masker diberikan hukuman push up dan menyanyikan lagu-lagu kebangsaan.

Tak hanya itu saja identitas mereka dicatat dan membuat surat janji tidak mengulangi lagi serta akan menggunakan masker.

"Kita akan terus melakukan razia penggunaan masker sampai covid 19 ini benar benar dinyatakan usai," kata Irjen Pol Anang Syarif Hidayat.

Brigjen TNI M Jangkung menambahkan, sejak tim gabungan melakukan sosialisasi penggunaan masker kemudian sekarang penindakan kepada pelanggar.

Selanjutnya dipastikan saat perda penggunaan masker keluar akan diambil tindakan ataupun sanksi lebih berat lagi dari sekarang.

Budaya memakai masker harus jadi kebutuhan sehari hari yang menjadikan aktifitas lebih aman dan terhindar dari covid 19.

"Gunakan masker sehingga aktifitas tetap berjalan roda ekonomi juga berputar dan kita terhindar dari covid 19," kata Brigjen TNI M Jangkung. (bangkapos.com/deddy marjaya)

Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved