Breaking News:

Pilkada Bangka Tengah

Pilkada 2020, KPU Bangka Tengah Temukan Permasalahan Domisili 7 KK di Daerah Perbatasan

Hal ini ditemukan saat pihaknya melakukan pencoklitan data di daerah perbatasan antar kabupaten.

(Bangkapos.com/Muhammad Rizki)
Komisioner KPU Bateng Divisi perencanaan, data dan informasi, Panjitiana. 

BANGKAPOS.COM - KPU Bangka Tengah pernah menemukan adanya permasalahan pendataan pemilih, yaitu warga Bateng yang berdomisili di wilayah Bangka Selatan.

Hal ini ditemukan saat pihaknya melakukan pencoklitan data di daerah perbatasan antar kabupaten.

"Jadi, kita pernah melaksanakan verifikasi coklit bersama Bawaslu. Waktu itu dihadiri bawaslu provinsi (Babel) juga. Waktu itu memang ada masalah, sesuai data di KTP, orang bersangkutan terdata sebagai warga Bateng, tapi berdomisili di Basel. Termasuk temuan warga yang berdomisili di Bateng, tetapi memiliki KTP Basel," kata Komisioner Divisi Perencanaan Data dan Informasi KPU Bateng, Muhammad Panjitiana, Kamis (17/9/2020).

Diakuinya, pihaknya langsung menyarankan orang bersangkutan agar tetap melaksanakan hak pilihnya sesuai dengan data asal di KTP.

"Kita langsung menemui yang bersangkutan dan mengecek identitasnya serta menyarankan untuk di hari H agar tidak mencoblos di kabupaten yang berbeda dengan identitas (KTP)," ucapnya.

Diakuinya, dari hasil kegiatan ini ditemukan sejumlah 7 kartu keluarga (KK) warga Bateng yang berdomisili di Basel.

"Kita bersama Bawaslu nanti akan mengimbau apabila ditemukan masalah, agar identitas itu digunakan untuk memilih di wilayah yang sesuai dengan KTP tersebut," ujarnya.

Selain itu, pihaknya menambahkan pencoklitan selanjutnya direncanakan dilakukan setelah diumumkannya Daftar Pemilih Sementara (DPS). (Bangka Pos/Ramandha)

Penulis: Ramandha
Editor: Ajie Gusti Prabowo
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved