Breaking News:

Berita Pangkalpinang

Aksan Menilai Pembangunan Jembatan Bahtera Sriwijaya Tingkatkan Perekonomian Babel

Aksan Visyawan memberikan tanggapannya, menurut Politikus PKS tersebut dengan dibangunnya Jembatan Bahtera Sriwijaya

bangkapos.com/dedy q
Ketua Komisi II DPRD Babel Aksan Visyawan 

BANGKAPOS.COM,BANGKA--Jembatan Bahtera Sriwijaya yang menghubungkan Bangka Belitung (Babel) dengan Sumatera Selatan (Sumsel) memasuki babak baru, pasalnya Gubernur Sumsel Herman Deru dan Gubernur Babel Erzaldi Rosman bersepakat membangun jembatan dari Desa Sebagin, Bangka Selatan ke Desa Tanjung Tapak Sumsel.

Diperkirakan, jembatan sepanjang 13,5 KM itu akan mulai dibangun pada 2023, dan saat ini sudah masuk tahap pra FS (studi kelayakan) dan nantinya menunggu keputusan pemerintah pusat.

Terkait hal tersebut Anggota Komisi III DPRD Provinsi Babel Aksan Visyawan memberikan tanggapannya, menurut Politikus PKS tersebut dengan dibangunnya Jembatan Bahtera Sriwijaya tersebut Babel dapat diuntungkan dengan mudahnya akses transportasi menuju Babel, terutama dalam hal pariwisata dan perdagangan.

"Nanti akses ke Babel akan mudah, otomatis kunjungan pariwisata dan perdagangan akan meningkat, sehingga bisa meningkatkan perekonomian, itu sisi positifnya," ungkap Aksan kepada Bangkapos.com, Jumat (18/9).

Ia menjelaskan, bahwa Babel selama ini sedikit bermasalah di transportasi yang membuat biaya hidup di Babel cenderung lebih mahal, sedangkan penghasilan masyarakat tidak signifikan dikarenakan harga komoditas seperti sawit dan lada yang rendah.

Sedangkan untuk pertimbangan aspek sosial, keamanan, dan budaya Aksan menganggap bahwa di NKRI bukan sebuah hal yang tabu untuk membuka akses ke Babel, namun ia juga mengatakan bahwa kearifan lokal Babel harus diperhatikan, jangan sampai terkontaminasi.

"Yang dikhawatirkan masyarakat kan dari sisi aparat keamanan, tentu nantinya keamanan tidak akan seperti ini contohnya kodim akan ditambah kalau kurang atau polsek-polsek akan diperkuat. Jadi kita jangan hanya melihat seperti sekarang keamanannya, yang jelas ketika jembatannya terealisasi kita akan tingkatkan keamanannya," saran Aksan.

Mirip Jembatan Suramadu

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Noviar Ishak, mengatakan struktur jembatan Bahtera Sriwijaya nantinya bakal mirip dengan Jembatan penghubung Surabaya dan Madura (Suramadu).

"Secara struktur mungkin mirip, perbedaannya mungkin dari segi arsitektur, bisa saja gaya melayu, tentunya sesuai kesepakatan pusat, Bangka Belitung dan Sumatera Selatan," jelas Noviar Ishak, kepada Bangkapos.com, Jumat (18/9/2020).

Halaman
123
Penulis:
Editor: nurhayati
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved