Breaking News:

Penyuluhan Sejak Dini pada Siswa-Siswi SMA, untuk Memutus Mata Rantai Thalassemia

Sedini mungkin pemahaman terhadap penyakit Thalassemia perlu diberikan pada calon orang tua

IST/dok pribadi
Webinar tentang thalassemia yang digelar Fakultas Kedokteran Unair, Surabaya. 

BANGKAPOS.COM - Sedini mungkin pemahaman terhadap penyakit Thalassemia perlu diberikan pada calon orangtua.

Kelainan genetika yang diturunkan lewat orangtua menyebabkan seseorang kekurangan darah sehingga perlu mendapatkan tambahan/transfusi darah rutin.

Seiring dengan meningkatnya pernikahan dini di Indonesia, waktu yang tepat untuk memberikan pemahaman tentang penyakit genetik ini yaitu pada siswa-siswi SMA.

Untuk itu, Departemen Farmakologi Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga Surabaya bekerja sama dengan SMAN 3 Surabaya mengadakan program pengabdian kepada masyarakat dengan tema Gerakan Sahabat Thaler: Memutus mata rantai Thalassemia Mayor.

Kegiatan yang dilakukan dalam kurun waktu 11 Juli hingga 12 September 2020 diawali dengan memberikan pelatihan pada 20 orang siswa-siswi yang dipersiapkan menjadi kader Sahabat Thaler.

Pelatihan awal meliputi pemberian materi tentang dasar-dasar Thalassemia, skrining untuk mengetahui kemungkinan membawa kelainan genetik Thalassemia, pentingnya donor darah, dukungan pada penyintas Thalassemia, serta berbagi pengalaman oleh orang tua penyintas penyakit.

Pelatihan ini melibatkan para ahli di bidang Farmakologi Molekuler, Patologi Klinik, dan Kedokteran Jiwa serta bekerja sama dengan Perhimpunan Orang Tua Penderita Thalassemia Indonesia (POPTI) cabang Surabaya.

Wabah COVID-19 saat ini tidak menyurutkan semangat para fasilitator dan kader Sahabat Thaler untuk bertukar pikiran secara online.

Setiap akhir pekan, para kader berkumpul mendapatkan materi maupun membuat program kerja untuk menyebarkan pengetahuan tentang Thalassemia pada teman sebaya.

Berbagai media sosial seperti zoom meeting, youtube, dan instagram digunakan sebagai sarana kreasi untuk menarik perhatian para siswa-siswi SMA.

Halaman
123
Editor: Alza Munzi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved