Breaking News:

Baru Saja Dirilis, Pengguna iPhone Keluhkan Bug di iOS 14

Apple mulai merilis sistem operasi (OS) iOS 14 dan iPadOS 14 secara publik ke seluruh perangkat yang mendukung. Namun sejumlah pengguna mengeluh.

ist
Siri di iOS 14 

BANGKAPOS.COM - Apple mulai merilis sistem operasi (OS) iOS 14 dan iPadOS 14 secara publik ke seluruh perangkat yang mendukung.

Lewat OS versi teranyar ini, pengguna iPhone dan iPad bisa mengganti aplikasi peramban ( browser) dan e-mail bawaan (Safari dan Mail) ke aplikasi besutan pihak ketiga (third party), seperti Chrome, Edge, Gmail, Outlook, dan lain sebagainya.

Meski demikian, fitur tersebut, menurut sejumlah keluhan yang tersiar di Twitter, dilaporkan dilanda masalah ( bug) dan tidak berfungsi sebagaimana mestinya, sehari setelah iOS 14 dirilis.

Inilah Pembaruan Fitur Pada iOS 14 yang Baru Diumumkan dan Daftar Perangkat Apple Bisa Diupdate

Beberapa pengguna, seperti Lee Peterson (@ljpuk) dan Yash Thakrar (@yashthakrar1996), mengaku bahwa iOS 14 bakal mengembalikan aplikasi browser dan e-mail utama ke Safari dan Mail secara otomatis, meski sudah diganti ke aplikasi lain.

Masalah ini muncul ketika perangkat dinyalakan ulang (restart).

Artinya, mereka harus kembali mengubah aplikasi peramban dan e-mail utama pihak ketiga pilihan masing-masing, secara berulang kali di menu pengaturan (Settings), kecuali perangkat tidak dimatikan.

Apple sendiri telah mengetahui masalah ini dan mengonfirmasi bahwa pihaknya bakal memperbaiki bug tersebut dalam pembaruan (update) sistem.

"Kami menyadari bahwa ada sebuah masalah yang mempengaruhi pengaturan pemilihan browser dan e-mail utama di iOS 14 dan iPadOS 14," kata pihak Apple dalam sebuah pernyaataan yang dilansir CNET dan dikutip KompasTekno, Sabtu (19/9/2020).

iPhone 12 Diluncurkan Pekan Ini, Update Harga Iphone Semua Tipe September, Berapa Termurah?

"Masalah tersebut akan kami perbaiki dan tersedia bagi pengguna (iOS 14 dan iPadOS 14) melalui pembaruan sistem," imbuh pihak Apple.

Kendati demikian, tidak disebutkan kapan pembaruan itu bakal tersedia dan disebarkan ke pengguna.

Belum diketahui juga apakah bug ini melanda seluruh perangkat yang mendukung iOS 14 dan iPadOS 14 atau tidak.

Yang jelas, bug ini ditemui oleh sejumlah pengguna iPhone yang sudah diperbarui dengan iOS 14.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Bug di iOS 14, Pengguna iPhone Tak Bisa Ganti Browser dan E-mail "Default".

Editor: M Ismunadi
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved