Breaking News:

Pilkada Bangka Tengah

KPU Bateng Harap Paslon Patuhi Pakta Integritas Kepatuhan terhadap Protokol Kesehatan

Salah satu isinya, yakni mendukung program pemerintah dalam penanggulangan Covid-19, khususnya di Kabupaten Bateng

Bangkapos.com/Muhammad Rizki
Rapat Pleno Terbuka Pengundian Nomor Urut Paslon Bupati dan Wakil Bupati Bangka Tengah di Hotel Novotel, Pangkalanbaru, Bateng, Kamis (24/9/2020). 

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bangka Tengah (Bateng) Rusdi berharap agar pasangan calon (paslon) Bupati dan Wakil Bupati Bateng dapat benar-benar berjuang melaksanakan setiap tahapan Pilkada 2020 sesuai dengan protokol pencegahan Covid-19.

Dalam Rapat Pleno Terbuka Pengundian Nomor Urut Pasangan Calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bateng Tahun 2020, di Hotel Novotel, Pangkalanbaru, Bateng, Kamis (24/9/2020), KPU setempat bersama paslon juga membacakan pakta integritas terkait kepatuhan terhadap protokol kesehatan menuju pemilihan serentak tahun 2020 yang aman, damai, dan sehat.

Salah satu isinya, yakni mendukung program pemerintah dalam penanggulangan Covid-19, khususnya di Kabupaten Bateng, dan akan mengampanyekan penerapan cara hidup sehat kepada masyarakat.

Saat ditanya mengenai sanksi yang akan diberikan apabila ada paslon yang melanggar pakta integritas tersebut, Rusdi mengatakan, pakta integritas adalah sesuatu yang harus dipatuhi oleh peserta pemilu.

"Terkait yang menentukan ketentuan sanksi diatur dalam Inpres Nomor 6 Tahun 2020, berikut juga kewenangan Bawaslu untuk menentukan apakah ada pelanggaran atau tidak, walaupun di PKPU Nomor 6 Pasal 11 bahwa apabila tim kampanye paslon melaksanakan kampanye tidak mematuhi protokol kesehatan, PPS dan PPK akan berkoordinasi panwas kelurahan atau desa berikut panwas kecamatan untuk menentukan bahwa ada teguran tertulis kepada paslon," kata Rusdi, Kamis (24/9/2020).

Ia menyebutkan, kampanye akan dilaksanakan pada 26 September- 5 Desember 2020. Rusdi mengaku belum mengetahui secara detail terkait PKPU Nomor 11 yang membahas mekanisme kampanye. "Kita belum tahu detail ya, karena ada PKPU Nomor 11 tadi baru kita buka," ucapnya. (Bangkapos.com/Muhammad Rizki)

Penulis:
Editor: suhendri
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved