Breaking News:

Berita Pangkalpinang

Gula Kabung Helly Cen Sampai ke Negeri China, Mulai Menaiki Pohon Sampai Produksi Dilakukan Sendiri

Gula kabung (gula aren) milik Men Sian tidak hanya diproduksi untuk masyarakat Bangka Belitung, namun juga warga yang ada di luar negeri.

Penulis: Widodo | Editor: Rusaidah
bangkapos.com
Pemilik Gula Kabung Helly Cen, Men Sian saat hadir dalam Bincang UMKM, Jumat (25/9/2020). 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Gula kabung (gula aren) milik Men Sian tidak hanya diproduksi untuk masyarakat Bangka Belitung, namun juga warga yang ada di luar negeri seperti Singapura, Hongkong, Amerika dan China.

Men Sian atau yang akrab disapa Kabung Helly Cen ini memproduksi gula kabungnya di Dusun Merengkan, Desa Benteng, Kecamatan Pangkalanbaru, Bangka Tengah. Helly menceritakan sejak tahun 1986 sudah mengenal gula kabung saat acara Bincang UMKM Bangka Pos Group, Jumat (25/9/2020).

Namun pada 1993 Helly mulai menekuni pekerjaan ini dan sampai sekarang.

"Tertarik menekuni jualan gula kabung karena melihat tetangga yang mampu mencukupi kebutuhan sehari-hari," terang Helly.

Batang kabung di tempat tinggalnya memang banyak, sehingga Helly memutuskan untuk belajar diam-diam melihat orang memanjat dan proses pengambilan air gula kabung.

"Dari muda belajar diam-diam atau ngintip orang manjat dan proses ambil air gula kabung, setelah itu baru bertanya kepada orang yang lebih tahu," ucapnya.

Setiap hari Helly pria 53 tahun memanjat pohon kabung yang tingginya mencapai 17 meter menggunakan bambu sebagai tangga untuk mengambil air kabung kemudian batang kabung dipukul dan dilakukan setiap hari.

Diakuinya, membutuhkan waktu hampir satu bulan baru bisa mengambil air gula aren dan untuk berapa liter hasilnya tidak menentu.

Dalam satu hari ia memukul, menggoyangkan dan memanen air gula kabung sekitar 20 batang lebih.

Ia dapat mengetahui apakah batang kabung tersebut sudah siap dipanen dapat dilihat dari kelopak mulai membuka dan lebah yang hinggap.

Halaman
12
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved