Breaking News:

Berita Pangkalpinang

Berkat Kerja Kerasnya Mengolah Gula Aren, Kini Gula Kabung Helly Cen Sampai Terjual ke Mancanegara

Meskipun berjualan gula Kabung atau gula aren, ternyata gula Kabung Helly Cen ini sudah terjual di berbagai negara asing seperti Amerika Serikat

Bangkapos.com/Widodo
Men Sian atau Helly pemilik gula Kabung Helly Cen bersama SEO Bangka Pos Edy memamerkan gula kabung yang diproduksinya, Jumat (25/9/2020) 

BANGKAPOS.COM, BANGKA-- Meskipun berjualan gula Kabung atau gula aren, ternyata gula Kabung Helly Cen ini sudah terjual di berbagai negara asing seperti Amerika Serikat, China, Hongkong dan Singapura.

Tak disangka produk gula Kabung Helly Cen ini hampir setiap bulan dibawa ke Amerika Serikat dan dinikmati oleh beberapa warga Amerika Serikat.

Pembuat gula kabung Men Sian atau yang akrab disapa Helly merupakan warga Dusun Merengkan, Desa Benteng, Kecamatan Pangkalanbaru, Bangka Tengah.

"Punya teman dari Indonesia yang sering ke Amerika setiap bulan, punya rumah di sana, sambil bawa gula kabung dicicip sama temannya orang Amerika dan dipesan. Sampai sekarang kalau ke sana bawa gula kabung atau gula aren," ungkap Hell Cen saat berbincang dengan Bangkapos.com, Jumat (25/9/2020).

Untuk jual ke Amerika, Helly menitipkan kepada temannya tersebut.

Menariknya, meskipun sudah beredar di beberapa negara, harga dari gula Kabung atau gula Aren Helly Cen ini tetap sama seperti yang dijual di Bangka Belitung, yakni R 10.000 per keping, per bungkus Rp 50.000.

Dia mengatakan bahwa mereka konsisten dengan harga tidak menaikkan harga meskipun dibeli orang kaya dari negeri manapun padahal gula Kabung Helly Cen ini benar-benar asli 100 persen gula aren yang tidak dicampur dengan apapun.

Dia juga bersedia untuk membuktikannya bagi pengunjung yang datang ke tempat pembuatannya melihat secara langsung proses pembuatan sampai ke tahap akhir.

Kini laki-laki berusia 53 tahun ini menikmati  pekerjaan mengolah air gula aren untuk dijual yang sudah ditekuninya selama puluhan tahun.

Men Sian atau Helly pemilik gula Kabung Helly Cen bersama SEO Bangka Pos, Edi sambil memamerkan gula kabung yang diproduksinya, Jumat (25/9/2020)
Men Sian atau Helly pemilik gula Kabung Helly Cen bersama SEO Bangka Pos, Edi sambil memamerkan gula kabung yang diproduksinya, Jumat (25/9/2020) (Bangkapos.com/Widodo)

Diakui Helly pada  tahun 1993  saat baru pertama memproses pembuatah gula kabung sangat sulit. Mulai dari pengambilan air nira yang harus memanjat pohon kabung setinggi 17 meter menggunakan bambu sebagai tangga hingga pemukulan batang kabung untuk mengambil air niranya.

Halaman
12
Penulis: Widodo
Editor: nurhayati
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved