Breaking News:

Fakta Kekejaman China ke Muslim di Uighur, 8.500 Masjid Dihancurkan, Gereja dan Kuil Tak Dirusak

Lebih dari 1 juta warga Uighur dan orang-orang Muslim yang sebagian besar berbahasa Turki, ditahan di kamp dan para penduduk dipaksa hentikan kegiatan

Editor: Hendra
()
Umat muslim Uighur di Provinsi Xinjiang tengah beribadah 

BANGKAPOS.COM, BEIJING,  - Lembaga Konsultan di Australia melaporkan kekejaman China yang menghancurkan ribuan masjid umat mulim di Xinjiang, Jumat (25/9/2020).

Itu merupakan laporan terbaru tentang pelanggaran HAM yang terus meluas di wilayah dirundung konflik tersebut.

Kelompok-kelompok HAM mengatakan, lebih dari 1 juta warga Uighur dan orang-orang Muslim yang sebagian besar berbahasa Turki, ditahan di kamp dan para penduduk dipaksa menghentikan kegiatan tradisional dan keagamaan.

Sekitar 16.000 telah hancur atau rusak, menurut laporan Australian Strategic Policy Institute (ASPI) berdasarkan citra satelit yang mendokumentasikan ratusan situs suci itu.

Baca Juga:

Usia Gibran Baru 32 Tahun, Harta Miliaran Maju ke Pilkada Solo, Ini Rincian dan Asal Usulnya

Kapolsek Tegal Selatan Dicopot dari Jabatan, Takut dengan Wakil Ketua DPRD yang Gelar Dangdutan

Sebagian besar penghancuran terjadi dalam 3 tahun terakhir, dan diperkirakan 8.500 masjid hancur total, kata laporan itu, yang mencantumkan kerusakan lebih banyak terjadi di luar pusat kota Urumqi dan Kashgar.

Banyak masjid yang lolos dari penghancuran total telah dicopot kubah dan menaranya.

Menurut penelitian itu, yang memperkirakan kurang dari 15.500 masjid utuh dan rusak dibiarkan berdiri di sekitar Xinjiang.

Jika laporan itu benar adanya, akan menjadi jumlah terendah rumah ibadah Muslim di wilayah tersebut sejak dekade pergolakan nasional yang dipicu Revolusi Kebudayaan pada 1960-an.

Sebaliknya, tidak ada gereja Kristen dan kuil Buddha di Xinjiang yang rusak atau hancur, dari pantauan lembaga tersebut.

Baca Juga: 

Imam Masjid Didatangi Wanita Muda saat Sedang Sujud, Jari Tangannya Patah Dihantam dengan Balok

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved