Breaking News:

Pilkada Bangka Barat

Bawaslu Tertibkan APK Paslon di 3 Daerah Pemilihan Pilkada Bangka Barat

Dalam pasal ini Paslon atau tim kampanye melaporkan secara tertulis kepada KPU untuk ukuran, jenis, dan jumlah APK yang dicetak oleh Paslon.

Penulis: Antoni Ramli
Editor: Ajie Gusti Prabowo
ist/Bawaslu Babar
BAWASLU Babar, bersama stakeholder terkait menertibkan APK Paslon yang sudah terpasang di wilayahnya, Senin (28/9/2020). 

BANGKAPOS.COM - Bawaslu Bangka Barat bersama stakeholder terkait, menertibkan Alat Peraga Kampanye (APK) pasangan calon yang sudah terpasang di enam kecamatan di wilayah tersebut, Senin (28/9/2020).

Ketua Bawaslu Babar, Rio Febri Fahlevi mengatakan dasar hukum penertiban APK ini sesuai PKPU 11 tahun 2020 pasal 28 ayat 6.

Dalam pasal ini Paslon atau tim kampanye melaporkan secara tertulis kepada KPU untuk ukuran, jenis, dan jumlah APK yang dicetak oleh Paslon.

"Selain itu desain dan materi sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dapat memuat nama, nomor, visi, misi, program, foto pasangan calon, tanda gambar Parpol atau gabungan Parpol dan/atau foto pengurus Parpol atau gabungan Parpol," ujar Rio.

Rio menambahkan desain dan materi APK yang difasilitasi oleh KPU provinsi, kabupaten/kota atau yang dicetak dan dipasang oleh Paslon sebagaimana dimaksud dalam Pasal 28 ayat (1), ayat (2) serta ayat (3) dilarang mencantumkan foto atau nama Presiden dan Wakil Presiden RI dan/atau pihak lain yang tidak menjadi pengurus Parpol.

"Paslon sudah diimbau untuk menurunkan APK pada 25-26 September. Dalam hal masih ditemukan APK yang terpasang baik di sekretariat parpol, jalan untuk diturunkan. Giat serentak di tiga Dapil," jelasnya.

Diakuinya, pemasangan APK untuk petahana sebagaimana diatur dalam pasal 71 ayat 3 yang berbunyi gubernur atau wakil gubernur, bupati atau wakil bupati, dan wali kota atau wakil wali kota dilarang menggunakan kewenangan, program, dan kegiatan yang menguntungkan atau merugikan salah satu Paslon, baik di daerah sendiri maupun di daerah lain dalam waktu enam bulan sebelum tanggal penetapan Paslon sampai dengan penetapan Paslon terpilih.

"Dalam hal masih ditemukan spanduk/baliho bupati atau ketua DPRD terpasang untuk diturunkan. Panwascam membuat rekapitulasi APK yang diturunkan hari ini," pungkasnya. (bangkapos.com/anthoni ramli)

Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved