Breaking News:

Mengenal Republik Vanuatu, Ternyata Nama Negara Tersebut Artinya Hal Ini

Republik Vanuatu menjadi pembahasan di Indonesia setelah Perdana Menteri negara kecil itu menyerang Indonesia terkait masalah di Papua.

Editor: Teddy Malaka
()
Vanuatu 

BANGKAPOS.COM -- Republik Vanuatu menjadi pembahasan di Indonesia setelah Perdana Menteri negara kecil itu menyerang Indonesia terkait masalah di Papua. Namun serangannya malah berbalik kritik dari diplomat muda asa Indonesia, Silvany Austin Pasaribu.

Republik Vanuatu adalah sebuah negara kepulauan di Samudra Pasifik bagian selatan.

Melansir wikipedia, Vanuatu terletak di sebelah timur Australia, timur laut Kaledonia Baru, barat Fiji dan selatan Kepulauan Solomon.

Nama Vanuatu berasal dari kata "vanua" yang berarti "tanah" atau "rumah", kata ini juga terdapat dalam beberapa rumpun bahasa Austronesia, dan kata "tu" (berdiri). Penggabungan kedua kata tersebut menunjukan status independen dari suatu negara baru.

Vanuatu dihuni oleh bangsa Melanesia seperti orang Papua.

Orang Eropa pertama yang mengunjungi pulau ini adalah Fernandes de Queiros dari Portugis beserta armadanya dari Spanyol yang sampai ke daerah ini pada tahun 1606.

Spanyol dan Portugal masih bersatu di bawah pimpinan raja Spanyol sejak tahun 1580 (Kerajaan Portugis didirikan kembali tahun 1640), sehingga Queiros mengklaim kepulauan ini untuk Spanyol sebagai bagian dari Hindia Timur Spanyol, kemudian memberinya nama La Austrialia del Espíritu Santo.

Pada tahun 1880, kepulauan ini jatuh ke tangan Prancis dan Britania Raya. Pada tahun 1906, kedua negara ini setuju untuk membentuk pemerintahan bersama atau kondominium yang diberi nama Hebrides Baru

Gerakan kemerdekaan mulai muncul tahun 1970, dan akhirnya Republik Vanuatu berdiri tahun 1980.

Vanuatu kemudian menjadi anggota Perserikatan Bangsa-Bangsa, Persemakmuran Britania, Francophonie, dan Forum Kepulauan Pasifik.

Halaman
1234
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved