Breaking News:

Berita Sungailiat

Serahkan 12 Ambulans Covid-19, Dinkes Juga Perbaiki 25 Pustu dan Puskesdes

Penyerahan mobil ambulans ini dilakukan Kepala Dinkes Bangka, dr Then Suyanti kepada Bupati Bangka, Mulkan.

Bangkapos.com/Edwardi
DINKES Bangka menyerahkan 12 mobil ambulans dari Dana Insentif Daerah (DID) penanganan Covid-19 tahun anggaran 2020 kepada sejumlah Puskesmas dan PSC 119 di halaman Kantor Bupati Bangka, Selasa (29/9/2020). 

BANGKAPOS.COM - Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka menyerahkan 12 mobil ambulans dari Dana Insentif Daerah (DID) penanganan Covid-19 tahun anggaran 2020 kepada sejumlah Puskesmas dan PSC 119 di halaman Kantor Bupati Bangka, Selasa (29/9/2020).

Selain itu, Pemkab juga sudah memperbaiki 25 gedung puskesmas pembantu (Pustu) dan puskesmas desa (Puskesdes) di seluruh kecamatan yang ada di wilayahnya.

Penyerahan mobil ambulans ini dilakukan Kepala Dinkes Bangka, dr Then Suyanti kepada Bupati Bangka, Mulkan.

Untuk selanjutnya diberikan kepada para kepala puskesmas dan PSC 119 yang mendapatkannya.

Puskesmas yang mendapatkan mobil ambulans yakni Puskesmas Pudingbesar, Petaling, PSC 119 Sepintu Sedulang Sungailiat, Puskesmas Baturusa, Puskesmas Penagan, Puskesmas Bakam, Puskesmas Riausilip, PSC 119 RS Syafrie Rachman Pudingbesar, Puskesmas Kenanga, Puskesmas Gunungmuda, Belinyu, dan Pemali.

Bupati Bangka, Mulkan mengatakan penyerahan 12 ambulans dan perbaikan ini sebagai kado perayaan HUT ke-2 kepemimpinan Mulya.

"Walaupun saat ini kondisi kita kurang aman dan nyaman dengan adanya penyebaran pandemi Covid-19 ini, tetapi bukan membuat kita menjadi lemah, bahkan sebaliknya membuat tantangan bagi kita untuk memberikan pelayanan kesehatan yang terbaik untuk masyarakat," ujar Mulkan.

Ia menambahkan kalau kondisi masyarakat kita sehat dan kuat, maka mereka tetap bisa berusaha untuk mendapatkan rejeki atau nafkah bagi keluarganya.

"Tetapi sebaliknya bila kondisi tanah tidak sehat maka sebanyak apapun rejeki dan harta yang kita miliki akan habis untuk biaya berobat, jadi sektor kesehatan ini merupakan hal utama yang harus kita perhatikan," jelasnya.

Diakuinya, pelayanan sarana dan prasarana pendukung kesehatan juga sangat penting.

Misalnya, keberadaan gedung puskesmas, pustu dan puskesdes juga harus representatif dan layak untuk bisa melayani masyarakat.

Wakil Bupati Bangka, Syahbudin menambahkan dengan ketersediaan sarana ambulans ini, diharapkan tidak ada lagi keluhan masyarakat.

"Jangan sampai ada lagi alasan tidak bisa melayani masyarakat dengan baik gara-gara tidak ada ambulans, ini gratis untuk melayani masyarakat, tolong rawat dan pelihara mobil ini baik-baik sehingga bisa bertahan lama untuk melayani masyarakat di Kabupaten Bangka," harap Syahbudin. (Bangkapos.com/Edwardi)

Penulis: edwardi
Editor: Ajie Gusti Prabowo
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved