Breaking News:

Pilkada Bangka Tengah

KPU Bangka Tengah Beri Waktu Tujuh Hari Terkait Pengajuan Calon Pengganti

Rusdi mewakili seluruh jajaran KPU mengucapkan turut berduka cita atas kepergian satu diantara putra terbaik Bangka Belitung tersebut.

(Bangkapos.com/Ramandha)
Pasangan calon (paslon) bupati dan wakil bupati (wabup), Kabupaten Bangka Tengah (Bateng), Ibnu Saleh - Herry Elfian saat melakukan pendaftaran sebagai calon bupati dan wabup Bangka Tengah di KPU Bangka Tengah, Jumat (4/9/2020). 

BANGKAPOS.COM, BANGKA--Pasca wafatnya Calon Bupati (Cabup) Petahana Kabupaten Bangka Tengah (Bateng), Ibnu Saleh, Ketua KPU Kabupaten Bateng, Rusdi mewakili seluruh jajaran KPU mengucapkan turut berduka cita atas kepergian satu diantara putra terbaik Bangka Belitung tersebut.

Terkait pergantian cabup dalam kontestasi Pilkada 2020 ini, Rusdi menjelaskan mengacu kepada PKPU Nomor 3Ttahun 2017 ada tiga klasifikasi yang menyebabkan seorang cabup tidak dapat mengikuti tahapan Pilkada.

Pertama adalah alasan kesehatan permanen berdasarkan surat keterangan dokter, karena berhalangan tetap, dan ada kasus pidana berdasarkan keputusan pengafilan yang inkrah.

"Jadi partai pengusung wajib mengajukan calon pengganti, masa waktunya paling lama selama 7 hari setelah berhalangan tetap, jadi paling lama pengajuan calon pengganti adalah pada hari Sabtu (10/10/2020)," jelas Rusdi, Senin (5/10/2020) kepada Bangkapos.com di KPUBangka Tengah.

Ia juga menjelaskan bahwa partai pengusung juga diperbolehkan menaikan posisi Herry Erfian yang sebelumnya menjadi calon wakil bupati (cawabup) menjadi cabup, sehingga posisi cawabup lah yang akan diusulkan oleh partai politik.

"Semua tergantung partai pengusul, dan kalau cabupnya digantikan oleh Herry Erfian maka cawabupnya diusulkan oleh partai politik, karena wajib satu pasang,"ungkap Rusdi.

Rusdi juga menegaskan jika dalam jangka waktu 7 hari atau sampai dengan hari Sabtu pekan ini tidak ada pengajuan untuk pergantian, maka akan dinyatakan gugur dan pilkada tetap dilanjutkan dengan calon tunggal.

"Jika pengajuan pergantian sudah kami terima, maka kami akan melakukan verifikasi dokumen pengajuan tersebut selama tiga hari," kata Rusdi.

Bupati Ibnu Saleh Meninggal Karena Covid-19
Bupati Ibnu Saleh Meninggal Karena Covid-19 (Bangka Pos)

Pilkada Rentan Penularan Covid-19

Dosen Ilmu Politik UBB sekaligus Penggiat Sekolah Demokrasi LP3ES Jakarta, Rendy Hamzah mengungkapkan bahwa gelombang desakan publik terkait penundaan Pilkada Serentak pada 9 Desember 2020 terus berkembang.

Halaman
1234
Penulis:
Editor: nurhayati
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved