Breaking News:

Otomotif

Fasilitasi Penggunaan Mobil dan Motor Listrik, Pemerintah Kejar Pembangunan 180 Charging Station

Seperti diketahui, sampai saat ini Indonesia telah memiliki 62 charging station untuk kendaraan listrik.

KOMPAS.com/Aprida Mega Nanda
SPKLU Tesla di Mall Pacific Place. 

BANGKAPOS.COM - Guna memfasilitasi pengguna mobil listrik dan motor listrik yang diprediksi akan terus bertambah tiap tahunnya, pemerintah melalui Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) sedang mempercepat pembangunan infrastruktur kendaraan listrik.

Wanhar, Direktur Teknik dan Lingkungan Ketenagalistrikan Kementerian ESDM, mengatakan, pihaknya akan membangun sekitar 180 charging station baru sampai akhir tahun.

Seperti diketahui, sampai saat ini Indonesia telah memiliki 62 charging station untuk kendaraan listrik yang dimiliki oleh PT PLN (Persero), PT Pertamina (Persero), maupun pihak swasta.

"Baik berupa SPKLU (Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum) maupun SPBKLU (Stasiun Penukaran Baterai Kendaraan Listrik Umum," ucap Wanhar, dalam keterangan tertulis (6/10/2020).

Seperti diketahui, dalam Rencana Umum Energi Nasional (RUEN), pemerintah menargetkan 2.200 unit mobil listrik dan 2,13 juta unit motor listrik diproduksi pada 2025.

Jumlah ini telah meningkat dari sebelumnya menjadi 4,2 juta unit untuk mobil listrik dan 13,3 juta unit untuk motor listrik di tahun 2025.

Dalam RUEN juga disebutkan bahwa charging station akan ditambah hingga 1.000 unit pada 2025 dan 10.000 unit tahun 2050.

"Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (Battery Electric Vehicle) awalnya dilakukan secara bertahap," kata Wanhar.

"Namun akhirnya pemerintah ingin mempercepat program tersebut untuk mendukung sarana transportasi di Indonesia," ujarnya. (kompas.com)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Pemerintah Kejar Pembangunan 180 Charging Station Sampai Akhir Tahun"

Editor: Ajie Gusti Prabowo
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved