Breaking News:

WIKI BANGKA

Ternyata Bercocok Tanam dapat Meningkatkan Kesehatan Psikis, Ini Kata Psikolog

Banyak orang menekuni berbagai hobi dan aktivitas baru selama pandemi dan masa karantina, termasuk bercocok tanam dan berkebun di rumah.

Penulis: Sela Agustika | Editor: nurhayati
Ist/Dokumentasi Siska Dwi Paramitha
Siska Dwi Paramitha M. Psi, 

BANGKAPOS.COM,BANGKA--Banyak orang menekuni berbagai hobi dan aktivitas baru selama pandemi dan masa karantina, termasuk bercocok tanam dan berkebun di rumah.

Selain untuk mempercantik ruangan, kesan sejuk dan natural dari tanaman juga dapat meningkatkan perasaan nyaman di dalam ruangan.

Psikolog sekaligus Dosen Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam (BKPI) IAIN SAS Bangka Belitung, Siska Dwi Paramita mengatakan semua aktivitas yang dianggap menyenangkan bagi diri memang akan berdampak baik bagi kesehatan baik mental maupun fisik, termasuk bercocok tanam.

"Kegiatan berkebun atau bercocok tanam bagi sebagian orang sungguh mengasyikkan bahkan mampu menghilangkan berbagai pikiran yang mengganggu," ungkap Siska kepada Bangkapos.com, Selasa (06/10/2020).

Koleksi tanaman Aglonema milik Medasari
Koleksi tanaman Aglonema milik Medasari (Bangkapos.com/Andini Dwi Hasanah)

Sementara itu, berkebun juga menjadi sarana untuk meningkatkan kesehatan psikis, karena warna- warni dari tumbuhan dapat menurunkan kecemasan, menstabilkan suasana hati dan dapat mengurangi depresi.

"Memang tidak dipungkiri melihat sesuatu yang indah dari bentuk tanaman yang beraneka ragam dengan berbagai warna secara tidak langsung menyejukkan mata dan mampu menenangkan pikiran yang akhirnya secara psikologis diripun merasa bahagia," kata Siska.

(Bangkapos.com/Sela Agustika)

Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved