Breaking News:

Kriminalitas

Petualangan Sanggah Berakhir, Spesialis Curat di Bangka dan Bangka Barat Diringkus di Persembunyian

Sanggah dibekuk jajaran Polsek Kelapa saat bersembunyi di Desa Banyu Asin, Kecamatan Riau Silip, Kabupaten Bangka, Senin (5/10/2020).

Istimewa/Polsek Kelapa
Sanggah (tengah) spesialis pencurian dengan pemberatan (Curat) yang kerap beraksi di wilayah hukum Kabupaten Bangka dan Bangka Barat diamankan di Polsek Kelapa. 

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Berakhir sudah petualangan Sanggah (24), spesialis pelaku pencurian dengan pemberatan (Curat) yang kerap beraksi di wilayah hukum Polres Bangka dan Polres Bangka Barat.

Sanggah dibekuk jajaran Polsek Kelapa, pimpinan Iptu A.F Pulungan, saat bersembunyi di Desa Banyu Asin, Kecamatan Riau Silip, Kabupaten Bangka, Senin (5/10/2020).

Dari tangan pelaku, polisi menyita barang bukti, 1 Hp merek Vivo Y81 warna merah dengan nomor IMEI:861565047565296, 1 Hp merek Samsung J2 prime warna putih dengan nomor IMEI:352973073273874 dan 1 Hp merek Oppo A31 warna hitam dengan nomor IMEI:860883040844159 yang diduga kuat hasil kejahatan pelaku.

Ungkap kasus tersebut bermula dari hasil penyelidikan unit Reskrim dan Intelkam Polsek Kelapa, pimpinan Bripka Zulvan, yang berhasil mendeteksi keberadaan ponsel ponsel curian yang telah dijual pelaku. Dari pengakuan sejumlah saksi, ponsel ponsel tersebut mereka peroleh dari pelaku bernama Sanggah.

"Mulanya kami melakukan penyelidikan untuk mengumpulkan keterangan terkait keberadaan pelaku. hasil Penyelidikan kami mendapat informasi bahwa ada warga desa Dendang, menggunakan HP yang diduga hasil curian yang dibeli dari Sanggah," ujar Pulungan kepada Bangkapos.com, Rabu (7/10/2020).

Dari informasi tersebut, polisi membentuk tim memburu keberadaan Sanggah. Hasil penyelidikan, Sanggah diketahui bersembunyi di Desa Banyu Asin, Kecamatan Riau Silip.

Tak ingin kehilangan buruannya, polisi bergegas menuju lokasi dan berhasil mengamankan pelaku.

"Senin sekira pukul 16.30 WIB, kami menuju ke tempat persembunyian pelaku. setelah sampai di tempat persembunyian tersebut sekira pukul 19.00 WIB pelaku berikut barang bukti berhasil diamankan guna pemeriksaan lebih lanjut," jelasnya.

Tak hanya beraksi di wilayah hukum Polsek Kelapa saja, namun kata Pulungan Sanggah juga beraksi di wilayah Bakam, Kabupaten Bangka. Dalam melancarkan aksinya, pelaku mencongkel jendela rumah para korbannya menggunakan obeng.

"Pelaku masuk ke dalam rumah korban dengan cara mencongkel jendela dapur sebelah kiri rumah pelapor dengan menggunakan obeng lalu mengambil barang behararga, kebanyakan yang diincar Hp," pungkas Pulungan.

Satroni 7 TKP Babar dan Bangka

Sanggah, spesialis Curat yang berhasil diamankan jajaran Polsek Kelapa, mengaku telah beraksi di 7 Tempat Kejadian Perkara (TKP).

7 TKP tersebut, mencakup wilayah Kecamatan Kelapa Kabupaten Bangka Barat dan Wilayah Bakam dan Riau Silip Kabupaten Bangka Induk.

Untuk wilayah Bangka Barat, pelaku beraksi di desa Pusuk dan Simpang Tempilang. Sementara Kabupaten Bangka Bangka Induk, di wilayah Bakam dan Riau Silip.

"Untuk kasusnya terus kami kembangkan, sementara pengakuan pelaku sudah beraksi di 7 TKP wilayah Bangka Barat dan Bangka Induk," ujar Kapolsek Kelapa Iptu A.F Pulungan. ( Bangkapos.com / Anthony Ramli )

Penulis: Antoni Ramli
Editor: fitriadi
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved