Breaking News:

Siapa 9 Naga Konglomerat Indonesia & Nasibnya Kini? Hingga Sosok Ini Singgung 9 Naga di Pilpres 2019

Pertanyaan-pertanyaan seperti siapa 9 naga konglomerat Indonesia, siapakah 9 naga penguasa ekonomi Indonesia, kekayaan 9 naga Indonesia

Editor: Evan Saputra
Oriental Large Chinese Feng Shui Painting Art- Nine Dragons Play Fireball SH25/Tribun Timur
9 NAGA INDONESIA - (ilustrasi) Terlepas dari pertanyaan seperti siapa 9 naga konglomerat Indonesi, hingga bagaimana 9 naga mengatur perekonomian Indonesia, akan diulas mencuatnya isu ini saat Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 lalu 

Siapa 9 Naga Konglomerat Indonesia & Nasibnya Kini? Hingga Sosok Ini Singgung 9 Naga di Pilpres 2019'> Pilpres 2019

BANGKAPOS.COM  - Pertanyaan-pertanyaan seperti siapa 9 naga konglomerat Indonesia, siapakah 9 naga penguasa ekonomi Indonesia, kekayaan 9 naga Indonesia, hingga bagaimana 9 naga mengatur perekonomian Indonesia masih menjadi misteri hingga saat ini.

Belakangan, sosok 9 naga ini kembali menjadi sorotan dan kata kunci kunci 9 naga cukup banyak dicari warganet di mesin pencarian.

Terlepas dari pertanyaan seperti siapa 9 naga konglomerat Indonesia, siapakah 9 naga penguasa ekonomi Indonesia, kekayaan 9 naga Indonesia, hingga bagaimana 9 naga mengatur perekonomian Indonesia, akan diulas mencuatnya isu ini saat Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 lalu.

Terungkap Sosok Pencetus Omnibus Law UU Cipta Kerja, Luhut Binsar Panjaitan Bukan-bukaan

9 NAGA INDONESIA - (ilustrasi) Terlepas dari pertanyaan seperti siapa 9 naga konglomerat Indonesi, hingga bagaimana 9 naga mengatur perekonomian Indonesia, akan diulas mencuatnya isu ini saat Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 lalu
9 NAGA INDONESIA - (ilustrasi) Terlepas dari pertanyaan seperti siapa 9 naga konglomerat Indonesi, hingga bagaimana 9 naga mengatur perekonomian Indonesia, akan diulas mencuatnya isu ini saat Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 lalu (Oriental Large Chinese Feng Shui Painting Art- Nine Dragons Play Fireball SH25/Tribun Timur)

Salah satunya seputar siapa sosok yang menyinggung seputar sosok 9 naga saat Pilpres 2019'> Pilpres 2019 lalu.

Pasangan capres-cawapres nomor urut 02 Prabowo-Sandiaga Uno menjanjikan terciptanya iklim usaha yang lebih berkeadilan bagi masyarakat bila terpilih di Pilpres 2019'> Pilpres 2019 mendatang.

Anggota Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi, Harryadin Mahardika mengatakan, Prabowo-Sandiaga tak ingin dunia usaha di Indonesia hanya dikuasai oleh 9 pengusaha besar yang dikenal dengan sebutan 9 naga.

"Kalau nanti Prabowo dan Sandi menang, itu 9 itu jadi 90 naga," ujarnya dalam acara seminar KPPU di Jakarta, Rabu (19/12/2018).

Harryadin mengatakan, dominasi 9 naga dalam dunia usaha sudah terjadi sejak dulu.

Sampai era kepemimpinan Presiden Jokowi, kata dia, para pengusaha itu masih eksis.

Padahal kata dia, dalam perspektif persaingan usaha, 9 naga ini berbahaya karena kalau 9 itu masih bisa oligopoli.

Jadi masih bisa mengatur harga, jadi kartel.

Oleh karena itu ucapnya, Prabowo-Sandiaga Uno ingin agar para pengusaha lain juga tumbuh dan berkembang sehingga tercipta iklim investasi yang lebih sehat.

"Ini adalah pendekatan yang mungkin akan lebih beda dari pemerintah saat ini. Kalau 9 itu bisa mengatur-ngatur, kalau 90 itu bagus sekali," kata dia.

Halaman
1234
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved