Breaking News:

Dianggap Tak Penuhi Persyaratan Kesehatan, Alde CPNS Disabilitas Ini Batal Dilantik Jadi PNS

Alde yang seharusnya dilantik jadi PNS namun batal dilantik karena dianggap tidak memenuhi persyaratan sehat jasmani dan rohani.

Bangkapos.com
Ilustrasi penerimaan CPNS 

BANGKAPOS.COM--Malang nasib seorang calon pegawai negeri sipil (CPNS) di lingkungan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI bernama  Alde Maulana  yang lulus CPNS dari jalur disabilitas.

Alde yang seharusnya dilantik jadi PNS namun batal dilantik karena dianggap tidak memenuhi persyaratan sehat jasmani dan rohani.

Padahal sebelumnya Alde sudah dinyatakan lulus CPNS dan mengikuti pendidikan dan latihan (Diklat) selama 4 bulan.

"Dia sempat dinyatakan lulus pada Maret 2019 dan kemudian mengikuti diklat di Medan selama 4 bulan, tapi setelah itu dibatalkan dengan alasan tidak sehat," kata kuasa hukum Alde dari Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Padang, Wendra Rona Putra yang dihubungi Kompas.com, Kamis (23/7/2020).

Terungkapnya Praktik Perjokian Tes SKB CPNS, PNS Menyamar Jadi Pelamar untuk Bantu Saudaranya

Wendra mengatakan, Alde mengalami kebutaan 50 persen di mata sebelah kiri.

Untuk standar kesehatan bagi disabilitas tersebut, menurut Wendra, harus jelas dan tentu berbeda dengan standar kesehatan umum.

Menurut Wendra, Alde menjadi disabilitas karena ada penyakit yang membuat dia mengalami kelumpuhan dan ketidaknormalan di bagian matanya.

"Kalau disabilitas itu ada berbagai penyebab seperti bawan lahir, kecelakaan atau penyakit. Inilah yang harus dipahami dan disamakan persepsi," kata Wendra.

Menurut Wendra, pemerintahan Jokowi sangat konsen terhadap persoalan disabilitas ini sehingga kementerian dan lembaga terkait harus memiliki kesamaan pandangan.

"Saya menduga ada unsur ketergesa-gesaan dalam memutuskan pembatalan PNS Alde ini," kata Wendra.

Terjadi Kendala Pada Sistem dan Jaringan, Ujian Psikotes CPNS Kemenag Dijadwalkan Ulang

Halaman
1234
Editor: nurhayati
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved