Breaking News:

Berita Pangkalpinang

Pemprov Bangka Belitung akan Gunakan Smart System untuk Penerangan Jalan Umum, Ini Keunggulannya

Dinas Perhubungan Provinsi Bangka Belitung, berencana untuk Penerangan Jalan Umum (PJU) kedepannya akan dialihkan menggunakan teknologi smart system.

Bangkapos.com/Riki Pratama
Kepala Dinas Perhubungan, Provinsi Bangka Belitung, KA Tajuddin. 

BANGKAPOS.COM,BANGKA--Dinas Perhubungan Provinsi Bangka Belitung, berencana untuk Penerangan Jalan Umum (PJU) kedepannya akan dialihkan menggunakan teknologi smart system yang terkoneksi dengan sistem kontrol melalui smartphone.

Tujuan teknologi tersebut untuk dapat dipantau langsung dan caranya lebih mudah.

Kepala Dinas Perhubungan, Provinsi Bangka Belitung, KA Tajuddin mengatakan, untuk Penerangan Jalan Umum (PJU) di wilayah Bangka Belitung menggunakan smart system.

Pasalnya penggunaan smart system ini memiliki banyak manfaat, terutama dalam operasional dan pemeliharaan penerangan jalan umum.

"Ia akan terpantau lebih mudah sehingga dapat di operasionalkan dengan baik, dibandingkan dengan PJU konvensional yang ada saat ini. Karena lebih mudah bisa melalui handphone dapat kita lakukan," jelas Kadishub KA Tajuddin, saat dikonfirmasi Minggu (11/10/2020) kepada Bangkapos.com.

Selain itu, menurutnya, dengan smart system akan menghemat energi. Karena diklaim tahan hingga 10 tahun, dilengkapi sistem komunikasi gateway yang terkoneksi dengan aplikasi smartphone.

"Untuk memonitor dan mengatur pencerahan cahaya lampu secara real time, walaupun ada sedikit kendala yang dihadapi terkait dengan koneksi internet," ujarnya.

Ia juga menegaskan, teknologi yang akan dilakukan dalam pengadaan PJU oleh Pemprov Babel kedepannya, yaitu dengan sistem auto dimming.

"Sistem ini dipercaya akan menghemat energi serta diklaim dapat bertahan selama 10 tahun dan memiliki sistem peredupan otomatis saat pemasangan," kata Tajuddin.

TAK BERFUNGSI -- Diantara lampu penerangan jalan di Jalan Mayor Syafri Rahman Belinyu, koondisinya banyak tak berfungsi karena mati dan rusak.
TAK BERFUNGSI -- Diantara lampu penerangan jalan di Jalan Mayor Syafri Rahman Belinyu, koondisinya banyak tak berfungsi karena mati dan rusak. (Dok/Bangkapos.com)

Baru 10 Persen

Halaman
12
Penulis: Riki Pratama
Editor: nurhayati
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved