Breaking News:

Raih Opini WTP LKPD 2019, Pemkab Bangka Barat Terima Penghargaan Kemenkeu RI

Kementerian Keuangan Republik Indonesia (RI) memberikan piagam penghargaan kepada Kabupaten Bangka Barat sebagai apresiasi atas diperolehnya Opini

Raih Opini WTP LKPD 2019, Pemkab Bangka Barat Terima Penghargaan Kemenkeu RI - pjs-bupati-bangka-barat-sahirman-djumli-menerima-piagam.jpg
ist
Pjs Bupati Bangka Barat Sahirman Djumli menerima piagam penghargaan dari kementerian keuangan yang diserahkan Gubernur Babel Erzaldi Rosman, Rabu (14/10)
Raih Opini WTP LKPD 2019, Pemkab Bangka Barat Terima Penghargaan Kemenkeu RI - foto-bersama-usai-penyerahan-piagam-penghargaan.jpg
ist
Foto bersama usai penyerahan piagam penghargaan di ruang pasir padi kantor gubernur Babel

BANGKAPOS.COM - Kementerian Keuangan Republik Indonesia (RI) memberikan piagam penghargaan kepada Kabupaten Bangka Barat sebagai apresiasi atas diperolehnya Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) terhadap Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Kabupaten Bangka Barat Tahun Anggaran 2019 dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

Penghargaan diserahkan Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Erzaldi Rosman kepada Pjs Bupati Bangka Barat Sahirman Djumli di Ruang Pasir Padi Kantor Gubernur Babel, Rabu (14/10).

Gubernur Erzaldi Rosman dalam arahannya menyampaikan raihan WTP oleh pemerintah kabupaten dan kota di Bangka Belitung menjadi indikator bahwa pengelolaan keuangan di daerah sudah lebih tertib, efisien, efektif, transparan dan akuntabel.

"Ketika pengelolaan keuangan dilaksanakan dengan baik ini menghindarkan kita dari praktik-praktik yang tidak kita inginkan. Korupsi ada karena niat, tapi niat itu terbuka karena peluang. Maka ketika kita bisa WTP, peluang itu sangat tertutup sekali," kata Erzaldi di Pangkalpinang, Rabu pagi.

Mantan Bupati Bangka Tengah itu lantas menaruh apresiasi tinggi atas raihan WTP dari 7 kabupaten dan kota di Babel atas LKPD TA 2019.

"Masih ada satu daerah yang belum WTP dan ini menjadi tanggungjawab kita juga di provinsi untuk memberikan pendampingan," ujarnya.

Erzaldi Rosman berharap ke depan kolaborasi Pemprov dan Pemkab serta Pemkot dalam penyusunan dan pelaksanaan keuangan daerah berjalan baik demi pembangunan yang lebih efektif dan dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

Kepala Kantor Wilayah Ditjen Perbendaharaan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Fahma Sari Fatma menjelaskan penyerahan penghargaan bagi daerah peraih opini WTP dari BPK merupakan amanah pemerintah pusat melalui kementerian keuangan (Kemenkeu) RI.

"Maka amanah pusat ini kami teruskan ke daerah. Tahun ini merupakan tahun menggembirakan bagi Pemprov Babel dimana dari delapan Pemda ada tujuh yang meraih WTP sementara satunya masih opini WDP. Tujuh daerah yang WTP ini jumlahnya lebih banyak dari tahun sebelumnya yang hanya empat daerah yang WTP," bebernya.

Fahma Sari Fatma menyampaikan apresiasi dari menteri keuangan Sri Mulyani kepada Pemda yang meraih WTP.

"Apresiasi dari menteri keuangan dan berharap raihan ini terus dikawal untuk menjadikan pengelolaan keuangan negara yang berbudaya WTP," tandasnya.

Dia berharap semua pihak terkait terus bersinergi mewujudkan pengelolaan keuangan yang akuntabel dan transparan di daerah masing-masing.

Turut hadir mendampingi Pjs Bupati Sahirman Djumli Plt Inspektur Bangka Barat, Ulises Sianturi. (*)

Editor: fitriadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved