Breaking News:

Advertorial

Pemerintah Desa Dalil Kenalkan Umbi Porang Kepada Masyarakat

Pemerintah Desa Dalil Kecamatan Bakam Kabupaten Bangka melaksanakan program pemberdayaan masyarakat dalam rangka mengenalkan komoditas

Penulis: Iklan Bangkapos | Editor: khamelia
Ist
Sosialisasi komoditas pertanian umbi Porang oleh pemerintah desa Dalil bekerjasama dengan Dinas Pertanian Provinsi Bangka Belitung dan CV. 4S, Jum'at (16/10/2020). 

BANGKAPOS.COMPemerintah Desa Dalil Kecamatan Bakam Kabupaten Bangka melaksanakan program pemberdayaan masyarakat dalam rangka mengenalkan komoditas pertanian baru kepada kelompok tani, Jum'at (16/10).

Bertempat di balai desa, pemerintah desa Dalil menggandeng Dinas Pertanian Provinsi Babel, CV. 4S serta petani umbi Porang untuk memberikan sosialisasi seputar tanaman yang juga termasuk jenis umbi-umbian yang katanya bernilai jual tinggi ini. Turut pula hadir pada kegiatan sosialisasi ini yaitu Sekretaris Desa Dalil Iskandar beserta staf kantor desa dan BPD, personil PPL, ketua dan anggota Gapoktan, serta beberapa mahasiswa jurusan fakultas Pertanian.

Kelompok Gapoktan, dan tamu undangan lainnya saat mendengarkan penjelasan dari narasumber perihal Umbi Porang di Balai Desa Dalil, Kecamatan Bakam Kabupaten Bangka.
Kelompok Gapoktan, dan tamu undangan lainnya saat mendengarkan penjelasan dari narasumber perihal Umbi Porang di Balai Desa Dalil, Kecamatan Bakam Kabupaten Bangka. (Ist)

Pemerintah Desa Dalil ingin mengajak masyarakat untuk lebih mengenal Porang, salah satu komoditas yang dipersiapkan pemerintah Provinsi Bangka Belitung sebagai salah satu komoditas unggulan. Porang yang awalnya tidak lebih dari tumbuhan liar merupakan tanaman jenis umbi-umbian yang menjadi salah satu tanaman lokal yang dapat tumbuh dengan mudah dan cocok dengan iklim di Bangka Belitung.

Baca juga: BLT UMKM Rp 2,4 Juta Diperpanjang Hingga Akhir November, Cek Syarat dan Cara Pengajuannya

Sekretaris desa Dalil, Iskandar sangat berterimakasih atas partisipasi kehadiran masyarakat dan kelompok Gapoktan di desanya dan berharap sosialisasi perihal tanaman umbi Porang ini dapat menambah wawasan dan pemahaman tentang komoditi bernilai ini.

"Alhamdulillah hari ini kami mendapatkan ilmu baru, pengetahuan baru tentang komoditi lain yang dapat petani kami coba untuk tanam di lahan-lahan perkebunan atau pekarangan rumah,"Ujarnya.

Dirinya selaku perwakilan pemerintah desa sangat berharap masyarakat terutama petani di desanya dapat mempelajari lebih jauh dan menekuni penanaman umbi Porang ini. Supaya kedepannya melalui tanaman ini dapat menjadi salah satu penunjang perekonomian desa dari lini pertanian yang baru selain komoditas-komoditas pertanian yang sudah ada.

"Desa sangat bersyukur dan berterimakasih kepada pak Gubernur atas terobosan-terobosan dalam hal penguatan ekonomi di sektor pertanian. Kami juga berharap adanya langkah pembinaan selanjutnya yang intensif dari CV. 4S kepada petani kami, Pemerintah desa sangat mendukung dan siap mengembangkan umbi Porang ini," Pungkasnya. (*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved