Breaking News:

Jembatan Jerambah Gantung Roboh

Jembatan Jerambah Gantung Ambruk, Pemkot Belum Tanggung Kerugian, Tak Akan Ada Tambahan Anggaran

Suparlan Dulaspar mengatakan,ambruknya jembatan gantung Jumat (16/10/2020 ) tadi malam yang disebabkan oleh human eror.

Bangkapos.com/Andini Dwi Hasanah
Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kota Pangkalpinang, Suparlan Dulaspar mengelar konfrensi pers menjelaskan terkait ambruknya jembatan gantung tadi malam, Sabtu (17/10/2020) di Pangkalpinang 

BANGKAPOS.COM , BANGKA -- Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kota Pangkalpinang, Suparlan Dulaspar mengatakan, ambruknya jembatan gantung Jumat (16/10/2020 ) tadi malam yang disebabkan oleh human eror, Pemerintah Kota (Pemkot) Pangkalpinang belum tanggung kerugian.

Menurutnya, tanggung jawab perbaikan masih tetap ditanggung oleh kontraktor, dan batas pengerjaan tetap sampai 1 Januari 2020.

"Kita pihak pemkot belum terima kerugian apa pun, karena ini masih tanggung jawab kontraktor untuk menyelesaikan jembatan sampai tuntas, kita tetap pada target 1 Januari selesai," kata Suparlan dalam konfrensi pers, Sabtu (17/10/2020).

Dia juga menegaskan, dengan robohnya jemabtan tersebut juga tidak akan ada penambahan anggaran.

"Tetap menjadi tanggung jawab pihak kontraktor tidak akan ada penambahan anggaran, akan segera kita evakuasi sisa reruntuhan itu, dan segera dilanjutkan kembali," tegasnya.

Baca juga: Pemerhati Publik Khawatir Jembatan Jerambah Gantung Roboh Kembali, Perlu Evaluasi Komprehensif

Kata Suparlan, panjang balok grider 45 meter ditambah kiri dan kanan masing-masing 10 meter, jadi panjang bentangan jembatan itu 65 meter, dan lebar bentangan 9 meter.

Ditegaskannya, jika pada tanggal yang telah ditetapkan proyek belum juga selesai maka pihak pemkot akan menghitung pembayaran berdasarkan berapa persen pembangunan selesai.

"Nanti jika sampai tanggal habis kontraknya, misal selesainya 80 persen itu yang akan kita bayar itu saja, selanjutnya kontraktor akan tetap bekerja kita beri batasan waktu 50 hari untuk menyelesaikan, itu aturannya memang seperti itu," jelasnya.

Lanjutnya, sisa anggaran 20 persen itu akan dimasukan ke anggaran perubahan APBD Kota Pangkalpinang tahun 2021.

Dia menyebutkan, akan membuat pondasi sendiri nantinya untuk bentangan jembatan yang baru.

Halaman
1234
Penulis: Andini Dwi Hasanah
Editor: nurhayati
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved