Breaking News:

Tak Sehebat di Film-film, Inilah 5 Kegagalan Terburuk Pasukan Khusus AS

terlepas dari glamor dan hegemoni pasukan khusus, ada beberapa kasus kegagalan pasukan khusus, yang sering kali diabaikan

net
Navy SEAL 

BANGKAPOS.COM- Militer Amerika Serikat (AS) adalah militer yang sangat gemar kembangkan pasukan khusus.

Kegemaran itu sudah bertahan sejak Perang Dunia II, dengan membentuk kelompok pasukan kecil dipersenjatai lengkap dan juga dengan misi yang sulit dilaksanakan.

Dengan latihan ekstrim dan kemampuan mental dan fisik yang unggul, secara teori pasukan khusus akan mencapai kemampuan yang tidak bisa dicapai oleh tentara biasa.

Beberapa contoh operasi khusus adalah operasi pembunuhan Osama bin Laden di Pakistan.

Meski begitu, operasi khusus justru lebih sering hadapi kritik dari para tentara konvensional.

Illustrasi pasukan elite
Illustrasi pasukan elite (ist)

Sering jadi masalah adalah saat salah seorang tentara ditarik dari unitnya karena kemampuannya untuk bergabung dengan formasi pasukan khusus, membuat unitnya kekurangan orang.

Secara organisasi, beberapa komandan terlalu konservatif terkait penggunaan operasi khusus, sedangkan yang lain justru menggunakan pasukan khusus di operasi 'biasa', padahal SDM di unit tersebut memiliki efek yang terbatas.

Lebih lagi, para politikus, tanpa kemampuan militer yang mumpuni, sering menganggap operasi khusus menarik, tanpa mengevaluasi biaya operasionalnya.

Padahal, terlepas dari glamor dan hegemoni pasukan khusus, ada beberapa kasus kegagalan pasukan khusus, yang sering kali diabaikan karena keglamoran dan kecanggihan mereka.

Beberapa kegagalan tersebut ditulis oleh Mark Moyar dalam bukunya Oppose Any Foe, mengkritik sejarah pasukan khusus AS.

Halaman
1234
Editor: Iwan Satriawan
Sumber: Intisari
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved