Breaking News:

Bangka Selatan Election

Marak Penggunaan Cantrang, Riza Herdavid Bakal Perketat Pengawasan Laut Basel

Wakil Bupati sekaligus Calon Bupati Kabupaten Bangka Selatan (Basel), Riza Herdavid bakal memperketat pengawasan di laut untuk mencegah penggunaan

ist
Marak Penggunaan Cantrang, Riza Herdavid Bakal Perketat Pengawasan Laut Basel 

BANGKAPOS.COM, BANGKA- Wakil Bupati sekaligus Calon Bupati Kabupaten Bangka Selatan (Basel), Riza Herdavid bakal memperketat pengawasan di laut untuk mencegah penggunaan jaring cantrang oleh kapal-kapal besar.

Upaya ini dilakukan untuk melindungi nelayan kecil yang tidak mendapatkan ikan saat melaut.

Cantrang merupakan salah satu alat tangkap ikan yang kerap menjadi perdebatan. Situs Kementerian Komunikasi dan Informatika menyebut cantrang merupakan alat penangkap ikan yang bersifat aktif dengan pengoperasian menyentuh dasar perairan.

Alat tangkap ini dioperasikan dengan menebar tali selambar secara melingkar, dilanjutkan dengan menurunkan jaring cantrang, kemudian kedua ujung tali selambar dipertemukan.

Lalu, kedua ujung tali itu ditarik ke arah kapal sampai seluruh bagian kantong jaring terangkat.

Penggunaan tali selambar tersebut bisa mencapai panjang lebih dari satu kilometer. Kondisi itulah yang membuat sapuan lintasan talinya sangat luas.

Ikan kecil maupun besar akan sangat mudah tertangkap. Penarikan jaring juga dapat menimbulkan kerusakan dasar perairan sehingga menimbulkan dampak signifikan terhadap ekosistem laut.

"Untuk melindungi nelayan kecil maka diperlukan pengawasan ketat. Bagi kami ini merupakan hal yang sangat penting agar kekayaan laut di Bangka Selatan bisa dinikamti oleh semua orang, khususnya nelayan kecil," kata Riza, Minggu (18/10/2020).

Menurut dia, ketika melakukan kunjungan ke wilayah-wilayah pesisir, banyak dari kalangan nelayan yang mengeluhkan adanya kapal-kapal besar yang menggunakan cantrang. Sehingga hasil tangkapan nelayan kecil sangat minim.

Kondisi tersebut menyebabkan sebagian besar nelayan mengalami kerugian lantaran hasil tangkapan tak mampu menutup biaya operasional.

Halaman
12
Editor: Iwan Satriawan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved