Breaking News:

Berita Pangkalpinang

DPP PDIP Masih Proses Pengganti Ketua DPRD Bangka Belitung dan Ketua DPRD Bangka Barat

DPP PDI Perjuangan hingga kini masih menunggu tiga usulan nama untuk dipilih menjadi calon ketua DPRD Bangka Belitung dan ketua DPRD Bangka Barat.

Bangkapos.com/Riki Pratama
Anggota DPR RI Fraksi PDI Perjuangan Dapil Bangka Belitung, Rudianto Tjen. 

BANGKAPOS.COM , BANGKA -- DPP PDI Perjuangan hingga kini masih menunggu tiga usulan nama untuk dipilih menjadi calon Ketua DPRD Bangka Belitung dan Ketua DPRD Bangka Barat.

Hal ini terkait dengan mundurnya Ketua DPRD Bangka Belitung Didit Srigusjaya dan Ketua DPRD Bangka Barat Badri Syamsu yang maju dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak di Provinsi Bangka Belitung.

Anggota DPR RI Fraksi PDI Perjuangan Dapil Bangka Belitung, Rudianto Tjen, menjelaskan pengganti ketua DPRD di Babel masih dalam proses, perlu waktu untuk menentukan penggantinya.

"Ini sedang menunggu suratnya dari DPD dan DPC untuk mengusulkan tiga nama. Karena sampai minggu kemarin belum menyampaikan nama-nama itu. Mungkin masih dalam proses dari DPD ke DPP. Tentunya bagaimana prosesnya PDI Perjuangan ada aturan baku siapa lebih berhak, ada proses kepartainya juga ada proses administrasi yang tentu saja kita mau yang terbaik menjadi ketua DPRD," jelas Rudianto Tjen kepada Bangkapos.com, Senin (19/10/2020).

Rudi menjelaskan ada proses fit and proper test, termasuk juga ada tes psikotes untuk melihat secara psikologi orang yang punya ilmu melihat itu, nanti bekerjasama dengan himpunan psikologi Indonesia mengadakan secara betul dan objektif terhadap calon ketua DPRD.

"Walaupun secara SK kepartaian, kita selalu, ketua, sekretaris dan bendahara, tetapi belum tentu orang ini harus kita tes mampu dan bisa tidak. Karena nanti kita tes psikologi. Kemudian kita wawancara dalam rapat pleno dihadiri ketua umum dengan mempresentasikan secara terbuka. Baru diputuskan. Mungkin selesainya tidak bisa seminggu atau dua minggu ini, karena kondisi covid ini, perlu juga maksukan dari DPP terhadap calon kita ini," jelas Rudianto Tjen.

Ia menginginkan ketua DPRD terpilih nantinya tidak jauh dari masyarakat, bisa membawa DPRD makin dekat dengan rakyat, menyerap aspirasi rakyat dan menenuhi kebutuhan rakyat dan memenuhi janji sebagai anggota DPRD.

"Kita mengharapkan secepatnya, paling lambat setelah Pilkada, karena disisi kita usahakan secepatnya, tergantung usulan dari daerah. Catatan saya sampai minggu kemaren saya belum melihat surat itu mungkin dalam perjalanan," ungkap Rudianto Tjen.

Rudi menjelaskan prosesnya untuk calin ketua DPRD Provinsi Babel, dari DPD mengusulkan dengan catatan apa yang menjadi prioritasnya. Serta usulan dari DPC Kabupaten Bangka Barat untuk calon ketua di DPRD Bangka Barat mana menjadi prioritas itu yang menjadi perhatikan.

"Nanti dilihat cocok tidak dengan hasil tesnya. Kalau tidak cocok kita akan diskusi lagi. Jangan sampai kita jomplang. Tentunya dari segala aturan itu calon ketua ini bisa menjadi orang pertama, secara internal bisa mengayomi semua fraksi, semua anggota, secara eksternal bisa melayani rakyat dengan mensaring, dan memberikan arahan kepada anggotanya bekerja maksimal kepada masyarakat," harap Rudianto.

( Bangkapos.com / Riki Pratama )

Penulis: Riki Pratama
Editor: nurhayati
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved