Breaking News:

Bangka Barat Election

Perbaiki Kondisi Ekonomi Usai Pandemi, Ini Program Unggulan Markus-Badri

Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Bangka Barat, Markus dan H Badri Syamsu berkomitmen untuk segera memulihkan ekonomi pasca merebaknya

ist
Perbaiki Kondisi Ekonomi Usai Pandemi, Ini Program Unggulan Markus-Badri 

BANGKAPOS.COM, BANGKA- Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Bangka Barat, Markus dan H Badri Syamsu berkomitmen untuk segera memulihkan ekonomi pasca merebaknya pandemi virus corona.

Hal ini dilakukan dengan memperbaiki sektor ekonomi kerakyatan atau usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) dan memperbaiki sektor perindustrian dengan menggenjot investasi.

Calon Bupati Bangka Barat, Markus menjelaskan, pihaknya terus berupaya untuk menggaet investor menanamkan modalnya.

Setelah mampu mendatangkan investasi senilai Rp 2 triliun di tahun ini, ia tengah menjajaki 14 perusahaan potensial untuk membiayai budidaya tambak udang.

Dengan wilayah geografis di Kabupaten Bangka Barat yang memiliki garis pantai panjang, potensi budidaya udang sangat besar. Ini harus dimanfaatkan pemerintah untuk menggeliatkan kembali ekonomi.

"Pasca tambang, pemerintah melihat salah satu sektor yang bisa membantu menciptakan banyak lapangan pekerjaan adalah tambak udang," ujar Markus, Senin (19/10/2020).

Langkah tersebut juga bertujuan agar dapat mencapai target Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) untuk meningkatkan ekspor udang hingga 250% di tahun 2024.

Berdasarkan data United Nations Comtrade menunjukkan rata-rata nilai ekspor udang dengan kode HS 0306 pada 2015-2018 sebesar -2,19%.

Pada tahun lalu, nilai ekspor udang menurun 6,84% dari US$ 1,69 juta atau setara Rp 24,8 triliun pada 2017 menjadi US$ 1,57 juta atau setara Rp 23,1 triliun.

Sementara volume ekspor udang justru mengalami kenaikan dengan rata-rata pertumbuhan 2015-2018 sebesar 1,91%. Tren ekspor udang mengalami peningkatan sejak 2016. Tercatat pada 2018 volume ekspor udang naik 2,18% dari 169,2 ribu ton pada 2017 menjadi 172,9 ribu ton.

Sedangkan mantan Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) sekaligus Calon Wakil Bupati Kabupaten Bangka Barat, H. Badri Syamsu bakal fokus memperbaiki kondisi ekonomi yang tengah terpukul pandemi virus corona.

Halaman
12
Editor: Iwan Satriawan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved