Breaking News:

Berita Bangka Selatan

Ada 271 Pemilih Disabilitas di Bangka Selatan, KPU Siap Fasilitasi

Rahmad Nadi menyatakan 271 pemilih dengan disabilitas ini tersebar di 8 kecamatan di Kabupaten Bangka Selatan.

Bangka Pos/Jhoni Kurniawan
ilustrasi--Bupati Basel, Justiar Noer saat menyerahkan paket sembako kepada lansia dan masyarakat disabilitas di Balai Daerah Kabupaten Bangka Selatan Selasa (29/9/2020). 

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Dari total 136.039 Daftar Pemilih Tetap (DPT) di Kabupaten Bangka Selatan, 271 pemilih di antaranya merupakan pemilih sebagai penyandang disabilitas.

Komisioner KPU Kabupaten Bangka Selatan Bidang Data dan Informasi, Rahmad Nadi menyatakan 271 pemilih dengan disabilitas ini tersebar di 8 kecamatan di Kabupaten Bangka Selatan.

Secara rinci Rahmad Nadi menyebutkan di Kecamatan Air Gegas sebanyak 44 orang penyandang disabilitas, di Kecamatan Kepulauan Pongok sebanyak 14 orang, Kecamatan Lepar Pongok sebanyak 39 orang, Kecamatan Payung 35, Kecamatan Pulau Besar 7 orang, Kecamatan Simpang Rimba sebanyak 32 orang, Kecamatan Tukak Sadai 22 orang dan di Kecamatan Toboali sebanyak 78 pemilih dengan menyandang disabilitas.

"Iya untuk pemilih dengan penyandang disabilitas yang telah tercatat di KPU Kabupaten Bangka Selatan mencapai 271 pemilih," ujar Rahmad Nadi pada Selasa, (20/10/2020).

Rahmad Nadi lebih lanjut menyebutkan pihaknya telah melakukan persiapan agar dapat menjadikan TPS tujuan sesuai dengan aturan dan memudahkan para pemilih dengan menyandang disabilitas agar mudah dalam mencoblos nantinya di TPS.

Baca juga: Kejari Basel Kembali Kirim 18 Tahanan ke Lapas, Didominasi Kasus Narkotika

"Ada juga surat suara khusus untuk penyandang Tuna Netra, namun saya belum mengetahui jumlah detailnya," tuturnya.

Rahmad Nadi turut menyatakan pola yang nantinya akan dilakukan oleh pihaknya kepada pemilih dengan penyandang disabilitas yakni akan membantu saat proses pungut hitung dalam pencoblosan.

"Nantinya secara teknis akan kita bantu secara detail terkait pungut hitungnya," imbuhnya.

Rahmad Nadi turut menyatakan pemilih dengan penyandang disabilitas yang dimaksud olehnya yakni dibagi ke dalam 4 kelompok yaitu disabilitas fisik, disabilitas intelektual, disabilitas mental dan disabilitas sensorik.

"Kita akan lakukan upaya terbaik supaya hak pilih masyarakat di Kabupaten Bangka Selatan tetap terlaksana dengan baik dan turut menyukseskan Pilkada 2020 di Kabupaten Bangka Selatan," tukasnya. (Bangka Pos/Jhoni Kurniawan).

Penulis: Jhoni Kurniawan
Editor: khamelia
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved