Breaking News:

Berita Pangkalpinang

Bea Cukai Pangkalpinang dan Ditpolairud Polda Babel Laksanakan Patroli Laut Gabungan

Sinergi antara Bea Cukai dan Ditpolairud dalam patroli laut penting untuk dilakukan agar pelaksanaan tugas dan fungsi Bea Cukai Pangkalpinang

(Istimewa)
Pelaksanaan Patroli Laut Gabungan Bea Cukai Pangkalpinang dan Ditpolairud Polda Babel, Jumat (23/10/2020). 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Sebagai upaya meningkatkan pengawasan dalam mengamankan wilayah perairan laut Indonesia, Bea Cukai Pangkalpinang bersama dengan Direktorat Polisi Perairan dan Udara (Ditpolairud) Polda Babel laksanakan patroli laut, Jumat (23/10/2020).

"Patroli ini dilaksanakan dalam rangka menegakkan hukum Kepabean dan Cukai yang diamanatkan undang-undang, sekaligus peningkatan sinergi antar instansi untuk menjaga keamanan perairan Indonesia, khususnya di wilayah pulau Bangka," ungkap Kepala KPPBC Pangkal Pinang, Yetti Yulianti.

Selain itu, patroli laut yang dilaksanakan Bea Cukai tersebut juga bertujuan untuk melindungi sektor industri dari pemasukkan barang-barang ilegal yang berisiko mengancam kesehatan dan keselamatan agar terciptanya iklim usaha yang sehat.

"Sinergi antara Bea Cukai dan Ditpolairud dalam patroli laut penting untuk dilakukan agar pelaksanaan tugas dan fungsi Bea Cukai Pangkalpinang dapat optimal," ucap Yetti.

Dikatakan Yetti, pihaknya juga melakukan penandatanganan kerja sama peningkatan sinergi tugas operasional dan sumber daya dalam pelaksanaan tugas dan fungsi Bea Cukai dengan Badan Pemelihara Keamanan Kepolisian Negara Republik Indonesia (Baharkam Polri).

"Begitu pentingnya peran Patroli Laut Bea Cukai dalam menjaga pintu gerbang bangsa ini agar iklim usaha yang ada di dalam negeri tetap sehat, menjadikan Patroli Laut Bea Cukai sebagai tulang punggung Indonesia dalam mengawasi perdagangan internasional," sebut Yetti dalam rillis, Jumat (23/10/2020).

Dengan keaktifan dalam berkoordinasi antar instansi hingga antar negara, dalam hal ini Ditpolairud Polda Babel menandakan bahwa Patroli Laut Bea Cukai memiliki sikap dan kesiapan.

"Hal ini sejalan dengan semangat Bea Cukai untuk menjaga keamanan perairan Indonesia baik yang dilakukan sendiri maupun yang dilakukan secara bersama-sama," ujar Wakil Direktur Polairud Polda Babel, Irwan Deffi Nasution.

Pada kesempatan Patroli Laut tersebut, Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean C Pangkalpinang beserta Ditpolairud Polda Bangka Belitung menggunakan Kapal BC 15005 dan Kapal milik Ditpolairud.

Lebih lanjut, pihak Kepala KPPBC Pangkal Pinang dan Wadir Polairud Polda Kep Babel, berharap agar kedepannya terjalin sinergi dan kerjasama yang semakin kuat dan berkesinambungan dalam rangka penegakan hukum untuk melindungi masyarakat, khususnya di kepulauan Bangka Belitung.

Bangkapos.com/Sela Agustika

Penulis: Sela Agustika
Editor: khamelia
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved