Breaking News:

Penanganan Covid 19

Miris Banyak Anak Jualan dan Ngamen di Masa Pandemi Covid-19, Kadinsos Beberkan Penyebabnya

Kepala Dinas Sosial Kota Pangkalpinang, Rika Komarina, mengakui, saat ini semakin banyak anak-anak yang turun ke jalan untuk berjualan.

Bangkapos.com/Andini Dwi Hasanah
Anak-anak yang ngamen di simpang lampu merah Kota Pangkalpinang 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Kepala Dinas Sosial Kota Pangkalpinang, Rika Komarina, mengakui, saat ini semakin banyak anak-anak yang turun ke jalan untuk berjualan hingga mengamen disebabkan karena belajar daring dari rumah.

Tidak hanya mengamen membawa gitar saja, saat ini semakin banyak anak-anak yang mengenakan kostum seperti badut dan menyanyi di setiap lampu merah Kota Pangkalpinang. Ada pula yang berjualan kerupuk hingga masker.

"Satu diantara penyebabnya mereka semakin banyak jualan di jalan hingga ngamen itu karena belajar dari rumah menggunakan daring itu, ada yang jualan kerupuk, masker, dan lain-lain," ungkap Rika kepada Bangkapos.com, Selasa (27/10/2020)

Menurutnya, anak-anak saat ini tidak memiliki kegiatan saat pagi hingga siang hari. Dulunya hari-hari mereka diisi dengan sekolah dan TPA serta bermain dengan teman-temannya.

Rika juga menyebutkan, tak hanya faktor belajar daring saja tapi anak-anak turun ke jalan untuk jualan hingga mengamen itu juga keinginan orang tuanya.

"Bukan hanya faktor tidak sekolah, tapi ada juga yang keinginan orang tuanya, jadi mereka jualan ada orang tuanya dekat situ ini termaduk faktor ekonomi," bebernya

Dia menuturkan, ada beberapa kali saat Dinas Sosial Kota Pangkalpinang melakukan penertiban kerap kali tertangkap beserta orang tuanya.

"Ada yang baru-baru ini kami tertibkan bersama dengan orang tuanya, jadi ada ibunya juga di dekat sekitaran dia jualan dan ngamen di lampu merah itu," ungkap Rika

Kata Rika, anak-anak yang turun ke jalan tersebut sudah kerap kali diberikan peringatan dan pembinaan bahwa keberadaan mereka itu melanggar perda.

"Sudah sering kali kita turun bersama dengan Pol PP, kami untuk melakukan pembinaannya dan Pol PP penertibannya, namun mereka ini seperti tanpa efek jera selalu balik lagi turun ke jalan," sesal Rika.

Halaman
12
Penulis: Andini Dwi Hasanah
Editor: nurhayati
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved