Breaking News:

11 Menit yang Menegangkan, Mengenang Musibah Lion Air JT610 2 Tahun Lalu

Pesawat Lion Air dengan nomor penerbangan JT 610 itu bertolak dari Jakarta menuju Pangkalpinang, yang diisi 8 awak kabin.

KOMPAS.com/YOGA SUKMANA
Black Box CVR Lion Air JT 610 Akhirnya Ditemukan di Kedalaman 30 Meter di Dasar Laut. 

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Mendung hitam begelayut di tanah Bangka Belitung, tepat dua tahun ketika kecelakaan pesawat terjadi di Tanjung Ketawang.

Pesawat Lion Air dengan nomor penerbangan JT 610 itu bertolak dari Jakarta menuju Pangkalpinang, yang diisi 8 awak kabin.

***

Hari ini, Kamis (29/10/2020), dua tahun yang lalu, pesawat Lion Air Boeing 737 MAX 8 nomor penerbangan JT 610 jatuh di perairan Tanjung Karawang, tak lama setelah lepas landas dari Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten..

Pesawat rute Jakarta-Pangkal Pinang dengan resgistrasi PK-LQP itu mengangkut 189 penumpang, yang terdiri atas 181 penumpang dan 8 kru. Seluruh penumpang dan kru dinyatakan meninggal dunia dalam kecelakaan tersebut.

Dalam laporan awal yang dirilis KNKT, data kotak hitam flight data recoreder (FDR) menunjukkan bahwa pilot dan kopilot pesawat berjuang melawan komputer pesawat dalam 11 menit yang menentukan.

Sepanjang 11 menit itu , hidung pesawat Lion Air JT610 turun secara otomatis hampir 24 kali.

Pilot dan kopilot berulang kali berupaya untuk membawa pesawat naik kembali sebelum akhirnya kehilangan kontrol. Pesawat kemudian menukik dengan kecepatan sekitar 700 kilometer per jam sebelum akhirnya menghantam laut.

Belakangan diketahui, fitur Maneuvering Characteristics Augmentation System (MCAS) menjadi salah satu faktor yang berkontribusi besar dalam kecelakaan ini.

MCAS bekerja secara otomatis, meski pesawat terbang manual (autopilot mati). Tujuannya mulia, yakni memproteksi pesawat dari manuver yang berbahaya, seperti mengangkat hidung pesawat terlalu tinggi, sehingga mengakibatkan stall.

Halaman
1234
Editor: Alza Munzi
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved