Breaking News:

Bangka Barat Election

Lestarikan Kearifan Lokal, H Badri Syamsu Ingin Kegiatan Pawai Obor Terus Digelar

Mantan Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) sekaligus Calon Wakil Bupati Kabupaten Bangka Barat H Badri Syamsu mendukung penuh kegiatan pawai

Editor: Iwan Satriawan
ist
Lestarikan Kearifan Lokal, H Badri Syamsu Ingin Kegiatan Pawai Obor Terus Digelar 

BANGKAPOS.COM, BANGKA- Mantan Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) sekaligus Calon Wakil Bupati Kabupaten Bangka Barat H Badri Syamsu mendukung penuh kegiatan pawai obor terus dilaksanakan untuk menyambut Maulid Nabi Muhammad SAW setiap tahunnya.

Hal ini dilakukan untuk melestarikan kearifan lokal.

Badri mengatakan, kegiatan tersebut merupakan warisan leluhur sebagai bentuk penghormatan kepada Nabi Muhammad.

Dengan kegiatan tersebut, diharapkan akan menjadi generasi muda dapat meneladani ahlak Nabi Muhammad dalam kehidupan sehari-hari.

"Kami akan terus mendukung seluruh kearifan lokal masyarakat yang sangat positif. Kegiatan ini diharapkan terus digelar setiap tahunnya sehingga anak-anak yang masih kecil bisa menjadi penerus dalam menjaga budaya adat," kata Badri, Kamis (29/10/2020).

Menurut dia, antusias masyarakat Bangka Barat untuk memperingati hari-hari besar Islam sangat tinggi.

Sehingga perlu menjadi perhatian serius dari pemerintah.

Tak hanya itu, melalui kegiatan tersebut juga dapat digunakan sebagai sarana mengukir prestasi.

Di mana para peserta yang mengikuti kegiatan merupakan pengurus serta siswa Taman Pendidikan Al Qur'an (TPA) dapat diarahkan sebagai penghapal Al Qur'an yang bisa diikutsertakan pada ajang Musabaqah Tilawatil Quran baik tingkat regional, nasional maupun internasional.

"Saya kira ini sangat baik dan bisa menjadi media untuk mengukir prestasi. Pemerintah harus mendukung penuh kegiatan ini," kata dia.

Sementara itu, Kepala Desa Beruas, Kecamatan Kelapa, Paryandi mengatakan kegiatan pawai obor merupakan agenda rutin yang digelar setiap tahun.

Kegiatan tersebut pucak peringatan Maulid Nabi Muhammad yang sebelumnya digelar beberapa kegiatan lain seperti sedekah kampung dan beberapa lainnya.

Kendati demikian, dengan merebaknya pandemi virus corona membuat kegiatan sedekah kampung dibatal.

"Seminggu sebelum digelar pawai obor ada beberapa kegiatan lain seperti lomba adzan, tilawatil Quran dan peragaan busana muslim," kata dia.

Lebih lanjut, Paryandi menjelaskan, minat anak-anak dan para pemuda desanya begitu tinggi dalam mengikuti kegiatan tersebut.

Tercatat, sebanyak 200 orang peserta ambil bagian dari kegiatan pawai obor dengan rata-rata usia tujuh tahun hingga 16 tahun.

"Kami berharap dengan kegiatan ini anak-anak TPA lebih mengenal religi terutama mengenal sosok pemimpin besar umat Islam yaitu Nabi Muhammad SAW. Harapannya dengan perlombaan yang diselenggarakan akan memunculkan generasi Islami yang akan diikutkan dalam kegiatan MTQ tingkat kecamatan dan kabupaten," kata dia.

Sebagai informasi, pada Pilkada Kabupaten Bangka Barat tahun 2020 PDI Perjuangan mengusung Calon Bupati dan Wakil Bupati Markus dan H Badri Syamsu yang merupakan petahana.

Mereka mendapatkan dukungan dari lima partai koalisi yakni Partai Demokrat, Partai Golkar, Partai Gelora Indonesia, Partai Bulan Bintang (PBB) dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved