Breaking News:

Otomotif

Tak Disarankan, Ini Bahaya Parkir Dengan Memasukkan Gigi pada Mobil Manual

Memasukkan gigi saat parkir sebenarnya tidak disarankan, karena ada kencenderungan kendaraan lompat saat mesin dinyalakan.

Foter
Ilustrasi areal parkir 

BANGKAPOS.COM - Kebiasaan memasukkan gigi pada mobil transmisi manual saat sedang parkir merupakan hal yang sering dilakukan sebagian orang.

Mereka sebenarnya tidak tahu apakah aman untuk melakukan hal tersebut.

Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia, Sony Susmana mengatakan, parkir memang harus di alas yang rata, bukan di turunan atau tanjakan dan tidak paralel dengan tujuan mobil tidak bergerak dan cukup memfungsikan rem tangan.

"Tapi kadang space yang minim dan kebiasaan dari pengemudi parkir di area yang kurang layak, diasumsikanlah adanya pengaman ekstra dengan memasukkan gigi satu atau mundur jika parkir di tanjakan atau turunan," ucap Sony kepada Kompas.com, Rabu (28/10/2020).

Memasukkan gigi saat parkir sebenarnya tidak disarankan, karena ada kencenderungan kendaraan lompat saat mesin dinyalakan, membuat rawan menabrak.

Apalagi parkir di turunan atau tanjakan kendaraan lebih rawan bergerak di luar kendali.

Sony mengatakan, bahaya dari parkir dengan memasukkan gigi lebih kepada gigi yang rusak.

Begitu juga yang dikatakan Kepala Bengkel Auto2000 Cilandak, Suparna.

Suparna mengatakan, komponen gigi motor dan flywheel bisa jadi korbannya.

"Kalau lupa menetralkan atau injak kopling saat mau menyalakan mesin, akan merusak gigi motor dan gigi flywheel. Saat starter mesin gigi transmisi dalam posisi masuk, gigi motor starter bisa rompal karena menahan beban berlebih," ucap Suparna kepada Kompas.com.

Halaman
12
Editor: Ajie Gusti Prabowo
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved