Breaking News:

BUKU Catatan di Tas Bayi yang Dibuang Jadi Awal Terbongkarnya Identitas Pembuang Bayi

Bayi itu diduga, merupakan hasil hubungan gelapnya dengan sang pacar yang juga masih duduk di bangku SMA berinisial PR (16)

freepik
Ilustrasi 

BANGKAPOS.COM - Seorang siswi Sekolah Menengah Atas (SMA) di Jembrana, Bali, berinisial RP (17), tega membuang bayi yang baru dilahirkannya di depan Panti Asuhan Giri Asih di Kecamatan Melaya, Rabu (28/10/2020) sekitar pukul 06.00 Wita.

Bayi itu diduga, merupakan hasil hubungan gelapnya dengan sang pacar yang juga masih duduk di bangku SMA berinisial PR (16).

Kasat Reskrim Polres Jembrana AKP Yogie Pramagita mengatakan, motif para pelaku membuang bayi tersebut karena merasa malu hamil di luar nikah dan tidak mau diketahui orangtuanya.

Karena tidak ingin menelantarkan bayi tersebut, mereka memutuskan untuk membuangnya di di depan panti asuhan tersebut.

Sebenarnya, sambung Yogie, pacar korban bersedia untuk bertanggung jawab atas perbuatannya. Namun, RP tetap tidak menginginkan bayi tersebut.

“Kami melakukan proses tahap selanjutnya mengedepankan UU Perlindungan Anak,” kata Yogie dikutip dari TribunBali.com.

Terbongkar berawal dari temuan sebuah buku catatan

Yogie mengatakan, terbongkarnya kasus ini berawal dari ditemukannya sebuah buku catatan di dalam tas tempat bayi dibuang.

“Di dalam tas ada buku catatan yang di dalamnya ada puisi dan NIK. Dari NIK ini akhirnya membuahkan petunjuk untuk pengungkapan kasus,” ujarnya.

Dari NIK itulah, akhirnya polisi mengetahui alamat pelaku.

Saat mendatangi rumah tersebut, terdapat seorang anak perempuan yang duduk di kelas tiga SMA. Polisi kemudian membawanya ke bidan.

"Dari bidan itu kemudian ada tanda-tanda usai melahirkan. Akhirnya kami lakukan pemeriksaan dan (dia) mengakui pembuangan bayi,” ujarnya.

Editor: (David Oliver Purba)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Malu karena Hamil di Luar Nikah, Seorang Siswi SMA Buang Bayi yang Baru Dilahirkannya di Depan Panti Asuhan

Editor: Edi Yusmanto
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved