Breaking News:

Berita Belitung

Sandiaga Uno Beri Semangat UMKM Belitung: Jangan Mau Dipecah Belah oleh Pandemi, Ayo Bangkit!

Sosok yang kerap dijuluki 'papa online', itu menyebut kunjungannya ke Belitung berkaitan kawasan ekonomi khusus (KEK).

Penulis: Adelina Nurmalitasari | Editor: khamelia
Pos Belitung/Adelina Nurmalitasari
Sandiaga Uno saat mengunjungi pelaku UMKM abon ikan Belitung, Jumat (30/10). Sosok yang kerap dijuluki 'papa online'ini memberikan semangat kepada pelaku usaha untuk bangkit jangan sampai dikalahkan oleh pandemi corona 

BANGKAPOS.COM, BELITUNG - Pengusaha sekaligus Politikus Sandiaga Uno berkunjung ke rumah produksi UMKM Abon Cap Dua Ikan, Jalan Yos Sudarso, Tanjungpandan, Belitung, Jumat (30/10). Mengenakan kemeja putih dan masker berwarna senada, ia disambut pemilik UMKM Abon Cap Dua Ikan Cun Lan.

Sandiaga pun berkelakar mengenai seluk-beluk UMKM tersebut, termasuk mempertanyakan kondisi penjualan dimasa pandemi. Tak hanya itu, ia bahkan melihat proses memasak abon ikan, hingga mencoba mengaduk adon yang tengah dimasak. Selepasnya dia mencicipi Mie Ayam Jamur yang juga dijual di tempat itu.

"Yang saya perhatikan, usaha Bu Cun Lan membuka lapangan kerja yang luas, sehingga harus diselamatkan, caranya bagaimana menggiatkan pariwisata Belitung dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat dan disiplin. Pastikan UMKM diberikan perhatian khusus, diberdayakan, sehingga bisa menjadi solusi dan kita akan segera bangkit memulihkan ekonomi," ujarnya.

Baca juga: 5 Kelainan Kehidupan Pribadi Presiden Perancis Macron, Kawini Nenek-nenek hingga Selingkuhi Guru

"Kita ingin mendukung pemulihan yang ada ekonomi masyarakat khususnya di akar rumput, karena tulang punggung ekonomi kita adalah pelaku usaha seperti Bu Cun Lan dan mie ayam jamur. Cara kita bangkit untuk pulih adalah mengambil inisiatif sendiri, tugasnya ada di kita semua," imbuh dia.

Ia juga berpesan bagi pelaku usaha dalam masa pandemi ini agar mulai beradaptasi. Apalagi sekarang sudah semua pakai digital. Sehingga penjualan bisa lebih banyak menggunakan media sosial dan e-commerce.

Peningkatan kemasan juga tak kalah penting. Usaha produk makanan bisa semakin naik kelas dengan kemasan yang lebih kekinian.

Baca juga: Guru Honorer Ini Tak Menyangka Lulus CPNS, Sumaningrum: Mental Harus Kuat, Rezeki Tak kan Kemana

"Beberapa pembaharuan, adaptasi terhadap selera pasar sekarang. Membentuk komunitas-komunitas reseller karena ini enak banget, mie enak, abonnya luar biasa. Kalau banyak reseller, peningkatan penjualan akan lebih terasa dan bisa menggerakkan ekonomi, membuka lapangan kerja secara lebih luas," jelasnya.

Kondisi pandemi, kata dia juga akan memakan waktu lama. Sehingga masyarakat harus sabar, disiplin, dan mematuhi protokol kesehatan secara ketat dan disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan. Juga pemulihan ekonomi fokus pada sisi konsumsi, peningkatan lapangan kerja terutama sektor UMKM.

Sosok yang kerap dijuluki 'papa online', itu menyebut kunjungannya ke Belitung berkaitan kawasan ekonomi khusus (KEK).

"Datang ke sini terutama ada KEK yang baru dikembangkan dan sudah ada hotel yang konkret hadir sudah siap beroperasi, tapi terkena pandemi. Saya terenyuh, sedih hati saya, juga saya diminta ditunjuk menjadi penasihat pembangunan resource tersebut, kemudian saya sebutlah kita jangan tunggu pandemi selesai karena kita tidak tahu kapan selesainya, mari kita ciptakan pariwisata era baru yang ditopang oleh kekuatan bangsa sendiri," jelasnya.

Halaman
12
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved