Breaking News:

Deretan Fakta Gempa M 7,1 Guncang Turki dan Yunani hingga Picu Tsunami Lokal

Deretan Fakta Gempa Guncang Turki dan Yunani hingga Picu Tsunami Lokal

Editor: M Zulkodri
DHA via AP
Bangunan yang ambruk akibat gempa magnitudo 7 di Izmir, Turki, pada Jumat (30/10/2020). Pusat gempa berada di Laut Aegean dengan kedalaman 16,5 kilometer. 

Deretan Fakta Gempa Guncang Turki dan Yunani hingga Picu Tsunami Lokal

BANGKAPOS.COM - Jumat kemarin (30/10/2020), Provinsi Izmir, diguncang gempa bumi berkekuatan magnitudo M 7,0 yang terjadi pada siang hari pukul 13.51 waktu setempat.

Kepala Bidang Informasi Gempabumi dan Peringatan Dini Tsunami Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Daryono, menyebutkan episenter gempa bumi ini terletak di Laut Aegean, tepatnya berada pada jarak 17 kilometer dari pesisir barat Turki.

Ada setidaknya tujuh fakta terkait gempa bumi yang memicu tsunami dan mengakibatkan korban jiwa ini. Berikut penjelasan rincinya.

1. Guncangannya luas

Daryono menyebutkan, gempa bumi tersebut berpusat di Laut Aegean dan terasa hingga Athena ibukota Kota Yunani dan Istanbul sebagai ibukota Negara Turki.

Selain wilayah itu, guncangan gempa bumi ini juga dirasakan dalam wilayah yang luas seperti di Turki, Yunani, Bulgaria dan Makedonia Utara. Gempa M 7,1 Guncang Turki dan Yunani, Tak Berdampak pada Indonesia

2. Menimbulkan korban jiwa karena merusak bangunan

Kerusakan akibat gempa bumi ini sebagian besar terjadi pada kawasan pemukinan yang terletak pada tanah lunak, seperti di pesisir pantai dan cekungan dengan dataran alluvial yang lunak.

Akibatnya, puluhan orang meninggal dunia karena terjadi kerusakan pada banyak bangunan rumah.

Bahkan, gedung-gedung bertingkat di wilayah Izmir Turki juga mengalami kerusakan dan sampai roboh.

3. Mekanisme gempa

Mekanisme sumber gempa ini berupa patahan atau sesar dengan mekanisme pergerakan turun (normal fault).

" Gempa ini dipicu oleh adanya aktivitas Sesar Sisam (Sisam fault)," kata Daryono kepada Kompas.com, Sabtu (31/10/2020).

Halaman
123
Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved