Breaking News:

Berita Pangkalpinang

Pelaksanaan Umroh Dibuka Kembali 1 November 2020 , Ini Pesan Kemenag Bangka Belitung untuk Jamaah

Pemerintah Arab Saudi mulai menerima kedatangan jamaah umrah dari luar negaranya mulai 1 November 2020 dengan kriteria usia yakni 18-50 tahun.

Penulis: Cici Nasya Nita | Editor: nurhayati
Bangkapos.com/Edwardi
Ilustasi Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Pangkalpinang melalui Seksi Penyelenggara Haji dan Umroh menggelar simulasi manasik haji di Asrama Haji Provinsi Kepulauan Bangka Belitung sebelum pandemi corona. 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Pemerintah Arab Saudi mulai menerima kedatangan jamaah umrah dari luar negaranya mulai 1 November 2020 dengan kriteria usia yakni 18-50 tahun.

Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementrian Agama (Kemenag) Provinsi Bangka Belitung, Muhammad Ridwan memberikan pesan kepada para jamaah yang akan berangkat.

"Kita tidak tahu secara persis (jumlah jamaah dari Babel-red) karena dibatas juga, bila memang ada dari Babel kita menghimbau agar displin menerapkan protokol kesehatan," ungkap Ridwan, Minggu (1/11/2020) saat dikonfirmasi Bangkapos.com.

Menurutnya,  jamaah umrah ini menggunakan jasa travel yang tidak terpantau Kementeran Agama di Provinsi Bangka Belitung.

"Travel yang resmi di Bangka Belitung ada empat sedangkan lainnya itu travel cabang dari pusat yang banyak. Jadi angka yang tahu itu se- Indonesia yang dipantau oleh kementerian agama pusat," jelas Ridwan.

Untuk itu, manasik (peragaan pelaksanaan ibadah) umrah dilaksanalan oleh masing-masing travel.

Menanggapi adanya batasan usia, ia merasa itu demi keselamatan kesehatan para jamaah umrah di tengah pandemi Covid-19.

"Saya kira begini kenapa 18-50 tahun itu demi keselamatan kesehatan di masa pandemi ini. Kalau 50 tahun ke atas ditakutkan rentan, maka ditetapkan seperti itu dari pihak Saudi Arabia," kata Ridwan.

Dia meminta gar para jamaah umrah memahami situasi ini.

"Bagi yang belum bisa berangkat kita mohon untuk bersabar, bila nanti Covid-19 sudah bisa diatasi dan vaksin sudah ada, nanti kebebasan usia akan seperti sedia kala. Mudah-mudahan 2021 setelah covid-19 bisa diatasi maka umur dibawah 18 tahun dan diatas 50 tahun sudah bisa melaksanakan umrah," kata  Ridwan.

( Bangkapos.com / Cici Nasya Nita )

Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved