Breaking News:

Berita Pangkalpinang

Salurkan Hobi Menembak , Rajawali Bangka Shooting Club Jadi Wadah Penyatu Penembak Senpi

Raka SC merupakan klub menembak senjata api satu-satunya yang ada di Babel. Klub ini sengaja didirikan untuk menjadi wadah para penghobi menembak.

Penulis: deddy_marjaya | Editor: nurhayati
Bangkapos.com/Deddy Marjaya
LATIHAN RUTIN - Para Pengurus dan Anggota Raka SC saat melakukan latihan rutin menembak Senpi di arena Raka SC yang berada di kawasan Jalan Teluk Bayur, Pasirputih, Pangkalpinang, Rabu (28/10/2020) sore 

BANGKAPOS.COM, BANGKA-- Berbagai senjata api jenis pistol tersusun rapi di atas meja. Puluhan butir peluru, alat penutup telinga dan kacamata ikut disiapkan sebelum kegiatan dimulai.

Setelah lengkap, satu per satu peluru dimasukkan ke dalam pistol. Suara peluru terus terdengar saat aba-aba menembak diteriakkan.

Satu per satu lempengan bidikan jatuh terkena peluru saat para penembak berhasil mengenai sasaran. Kegiatan rutin ini dilakukan para penembak di arena Rajawali Bangka Shooting Club (Raka SC), yang berada di kawasan Jalan Teluk Bayur, Pasirputih, Pangkalpinang.

Raka SC merupakan klub menembak senjata api (senpi) satu-satunya yang ada di Babel. Klub ini sengaja didirikan untuk menjadi wadah para penghobi menembak jenis Senpi di Babel.

Sudiro dan Satria Herlambang, menjadi pelopor berdirinya klub yang terbentuk di Pos TNI-AL Pangkalbalam. Apalagi sebelumnya tak ada arena menembak pribadi yang didirikan di Babel.

Klub yang sudah berbadan hukum dari Kemenkumham RI ini, terbentuk pada Desember 2019. Sudah ada 33 orang yang memiliki kartu tanda anggota (KTA) dengan empat di antaranya merupakan wanita.

Anggotanya pun beragam. Baik dari unsur TNI, Polri, warga sipil hingga profesi lainnya. Bahkan sembilan anggotanya sudah memiliki sertifikat tembak reaksi IPSC.

Ketua Raka SC, Sudiro mengakui terbentuknya klub ini berawal dari hobinya bersama rekan-rekannya menembak. Apalagi mereka merasa selama ini belum ada grup di Babel, khususnya di Pangkalpinang, yang menaungi hobi menembak jenis senpi.

"Selama ini sudah ada beberapa klub menembak tetapi jenis senapan angin. Tapi untuk jenis Senpi baru satu kami," jelas Sudiro saat ditemui usai berlatih rutin di arena Raka SC, Rabu (28/10) sore.

Pihaknya pun memastikan klubnya lah yang paling memiliki sarana dan prasarana lengkap. Mulai dari arena menembak jenis senapan angin, airsoft gun, tembak sasaran Senpi, hingga tembak reaksi.

"Tujuan kami hanya sebagai wadah hobi menembak, silaturahmi, mencari bibit atlet dan sinergitas semua unsur," ujarnya didampingi Ketua Harian, Satria.

Anggota klub juga  rutin melakukan latihan setiap harinya. Siapapun anggota dalam klub ini bisa menembak jika hendak menyalurkan hobinya.

"Ada latihan yang bersifat accindential, artinya jika mendekati even, maka perlakuan latihan berbeda," tambahnya.

Saat ini, Raka SC tengah menyiapkan latihan untuk kejuaraan HUT Brimob pada 7 November 2020, serta even lokal lainnya. Termasuk, persiapan menggelar even Raka SC.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved