Breaking News:

Penanganan Covid 19

Cegah Penularan Virus Covid-19 , Kanwil DJPB Bangka Belitung Gelar Pemeriksaan Swab Massal

Kantor Wilayah Dirjen Perbendaharaa Provinsi Bangka Belitung (DJPB) menggelar tes swab antigen secara massal kepada seluruh karyawan

Bangkapos.com/Sela Agustika
Pelaksanaan tes swab antigen masal yang digelar Kantor Wilayah Dirjen Perbendaharaa Provinsi Bangka Belitung (DJPB), Senin (2/10/2020). 

BANGKAPOS.COM , BANGKA -- Kantor Wilayah Dirjen Perbendaharaa Provinsi Bangka Belitung (DJPB) menggelar tes swab antigen secara massal kepada seluruh karyawan, Senin (2/10/2020).

Kepala Bagian Umum Kanwil DJPB, Zaenal Abidin menyebut pelaksanaan tes dilakukan untuk mencegah dan mempercepat penanganan covid-19 sesuai arahan Kepala Kanwil DJPB Fatma Sari Fatmah.

"Tujuan kita mengadakan tes swab antigen ini dalam rangka pencegahan penularan Covid-19 karena sekarang habis libur panjang yang mana pegawai disini berasal dari berbagai kota dan ada yang bepergiaan sehingga dilakukan tes swab antigen untuk memitigasi resiko dan mencegah klaster baru," ungkap Zaenal kepada Bangkapos.com, Senin (2/11/2020).

Pemeriksaan swab ini bekerja sama dengan pihak Rumah Sakit Bakti Timah, total sebanyak 55 orang atau tenaga kerja dilakukan tes swab antigen tersebut.

Dikatakan Zaenal pihaknya memilih untuk melakukan swab antigen karena diketahui hasil yang lebih akurat dan tertuju ke virus langsung.

"Berdasarkan penjelasan dokter tadi swab antigen ini lebih akurat tertuju kepada virusnya langsung, sedangkan rapid test mencangkup ke antibody dan dari segi harga swab ini relatif lebih mahal," ucapnya.

Ia menilai langkah tes yang dilakukan tersebut tidak akan berarti apabila mengabaikan protokol kesehatan sebagaimana yang dianjurkan oleh pemerintah.

"Protokol kesehatan sangat penting diterapkan karena langkah-langkah ini tidak akan berarti bila masyarakat atau pegawai tidak mentaati protokol kesehatan," sebutnya.

Adapun beberapa upaya pencegahan covid-19 yang telah dilakukan oleh pihaknya seperti menerapkan 3 M, yakni mencuci tangan, menggunakan masker, dan menjaga jarak, sosialisai pencegahan Covid-19, penyemprotan disinfektan, memberikan mini bagpack atau kebutuhan pencegahan Covid-19 dan beberapa upaya lainnya.

"Protokol kesehatan ini selalu kita terapkan yang mana untuk penangan covid-19 ini ada beberapa pihak yang berperan penting yakni pemerintah, masyarakat, pengusaha, akademisi, dan media masa yang harus saling bersinergi dan sangat penting untuk diterapkan. Selain itu kita juga pernah mengadakan pembagikan masker," kata Zaenal.

Pelaksanaan tes swab antigen masal yang digelar Kantor Wilayah Dirjen Perbendaharaa Provinsi Bangka Belitung (DJPB), Senin (2/10/2020).
Pelaksanaan tes swab antigen masal yang digelar Kantor Wilayah Dirjen Perbendaharaa Provinsi Bangka Belitung (DJPB), Senin (2/10/2020). (Bangkapos.com/Sela Agustika)

Pelaksanaan tes swab antigen tersebut dilakukan di dua ruangan, yakni di lantai satu dan dilantai dua gedung DJPB.

"Untuk yang di lantai satu ini kita khusus kan para pegawai yang tidak bepergian dan khusus yang di lantai dua mereka yang bepergian," ucap Zaenal.

Dengan dilaksanakan tes swab antigen tersebut di berharap sebagai upaya untuk memitigasi penyebaran Covid-19.

"Kita semua bisa menularkan dan tertularkan covid ini menjadi langkah kita untuk mencegah penularan. Mudah-mudahan hasilnya negatif, kita semua sehat dan pandemi Covid-19 ini segera berakhir,'' harap Zaenal.

( Bangkapos.com / Sela Agustika )

Penulis: Sela Agustika
Editor: nurhayati
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved