Breaking News:

Advertorial

Pemerintah Desa Beruas Gencar Patenkan Produk Hasil Inovasi Desa

Pemerintah Desa Beruas Kecamatan Kelapa Kabupaten Bangka Barat dibawah komando Paryandi.

Ist
Inovasi Produk Desa Beruas Kecamatan Kelapa Kabupaten Bangka Barat, POP Sorgum dan Minyak Herbal Serai Wangi 

BANGKAPOS.COM , BANGKA -- Pemerintah Desa Beruas Kecamatan Kelapa Kabupaten Bangka Barat dibawah komando Paryandi selaku kepala desa, semakin gencar berusaha mempatenkan hak inovasi-inovasi di bidang pertanian sebagai hasil produksi unggulan dan milik desa.

Sejak tahun 2017 lalu, kepala desa Beruas Pariyandi memperkenalkan dan memberi contoh menanam Sorgum untuk menarik minat warganya.

Menurutnya menanam sorgum dapat menjadi komoditi tambahan yang layak untuk ditanam di lahan perkebunan selain sawit, karet, dan lada.

Selain mempunyai keunggulan dari segi perawatan, keuntungan yang didapatkan cukup banyak. Bukan hanya sebagai salah satu bahan pokok pangan selain padi, jagung dan ubi. Sorgum apabila diolah dapat menjadi camilan atau makanan yang mempunyai nilai ekonomi yang bagus.

Paryandi menjelaskan pihaknya memaksimalkan peran PKK Desa Beruas dan berhasil menghasilkan produk olahan makanan dari Sorgum, diantaranya yaitu pop sorgum, tepung sorgum, hingga Beras Sorgum.

Terbaru, pop sorgum yang sudah lulus pengujian sertifikasi Halal dan siap untuk merambah lebih luas lagi penjualannya ke supermarket-supermarket di Bangka Belitung.

Harapannya, Pop Sorgum Desa Beruas yang diberi nama label Dzagofi dapat menjadi oleh-oleh yang wajib dipasarkan ke wisatawan yang berkunjung ke Negeri Serumpun Sebalai.

Bukan tanpa alasan dirinya melihat potensi yang ada pada jenis tanaman pangan satu ini.

Selain karakteristik, kondisi dan kontur tanah yang ada di desanya sangat cocok untuk mengembangkan jenis tanaman pangan ini.

Dari segi kesehatan, tanaman ini kaya akan nutrisi penting untuk asupan gizi. Beberapa penelitian menyebutkan jika Sorgum memiliki kandungan protein tinggi. Kandungan tersebut bahkan lebih tinggi dari sumber pangan lainnya seperti singkong, jagung, hingga beras. Biji Sorgum sendiri memiliki tiga kandungan karbohidrat yakni pati, serat dan gula terlarut (di antaranya adalah glukosa, sukrosa, maltosa, dan fruktosa).

Halaman
12
Editor: nurhayati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved