Breaking News:

Virus Corona di Bangka Belitung

Pendekatan Spiritual untuk Mengatasi Dampak Psikologis Covid-19

Pandemi Covid-19 banyak memengaruhi psikologis warga. Untuk menghidari emosi, beberapa hal dapat dilakukan, termasuk metode pendekatan spiritual.

Penulis: Teddy Malaka (CC) | Editor: Teddy Malaka
Ist
Ismail Permana pakar Ruqyah 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Pandemi Covid-19 banyak memengaruhi psikologis warga. Untuk menghidari emosi, beberapa hal dapat dilakukan, termasuk metode pendekatan spiritual.

Pasien corona tidak hanya rentan terhadap dampak fisik penyakit yang dideritanya. Ada dampak psikologis yang berpotensi mengganggu kehidupan pasien hingga berakibat fatal.

Menurut data WHO, Covid-19 yang disebabkan oleh virus corona menyerang segala macam ras manusia dan segala usia. Sudah ratusan negara yang mencatatkan kasus positif corona dengan jutaan pasien di seluruh dunia.

Para pasien ini tidak berarti terkena aib dan harus dikucilkan. Sebaliknya, mereka membutuhkan dukungan, kasih sayang, dan kebaikan.

WHO menyarankan penggunaan frasa “orang dengan Covid-19” untuk mengacu pada pasien corona, bukan “korban”.

WHO juga menggarisbawahi pentingnya privasi para pasien sehingga kehidupan pribadi mereka dan keluarganya tak terganggu. Perangkat pengurus lingkungan dari rukun tetangga dapat berperan aktif dalam melindungi pasien corona.

Wajar bagi pasien corona jika mengalami tekanan psikologis. Banyaknya kabar seputar penyakit Covid-19 bisa memicu rasa gelisah dan khawatir yang berlebihan.

Perasaan itu pada akhirnya bisa membuat pasien mengalami stres dan gangguan mental yang berujung pada memburuknya kondisi kesehatan.

Pakar Ruqyah Ismail Permana atau yang disapa Bang Mael, membagikan tips hindari emosi saat Pandemi Covid-19.

Emosi yang meluap dengan marah-marah sejatinya hal yang sia-sia karena menguras banyak energi dan sama sekali tidak menjamin masalah yang dihadapi terselesaikan.

Halaman
12
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved