Breaking News:

Advertorial

Wisuda 220 Mahasiswa Universitas Bangka Belitung, Rektor Harap Jadi Wajah UBB di Lapangan

UNIVERSITAS Bangka Belitung (UBB) menggelar wisuda angkatan XXI program sarjana strata (S1), dengan metode walk thru sesuai protokol kesehatan Covid-1

Editor: nurhayati
istimewa
PELAKSANAAN wisuda angkatan ke-XXI tahun 2020 UBB yang digelar dengan metode walk thru atau layanan berjalan, Rabu (4/11). 

BANGKAPOS.COM , BANGKA -- Universitas Bangka Belitung (UBB) menggelar wisuda angkatan XXI program sarjana strata (S1), dengan metode walk thru sesuai protokol kesehatan Covid-19 di halaman Gedung Rektorat Kampus Terpadu UBB, Rabu (4/11/2020).

Adapun protokol kesehatan yang diterapkan mulai dari pengecekan suhu tubuh wisudawan/ti serta orangtua, menyediakan hand sanitizer, wajib menggunakan masker atau faceshild, jaga jarak dan juga telah berkoordinasi dengan gugus tugas untuk penjagaan.

Total wisudawan/ti pada angkatan XXI ini sebanyak 220 lulusan sarjana. Di mana 39 wisudawan/ti dari Fakultas Teknik, 75 wisudawan/ti dari Fakultas Pertanian, Perikanan, dan Biologi, 70 wisudawan/ti dari Fakultas Ekonomi, 23 wisudawan/ti dari Fakultas Hukum, dan 13 wisudawan/ti dari Fakultas Ilmu Sosial dan Politik.

Rata-rata Indek Prestasi Kumulatif (IPK) pada angkatan XXI UBB yakni 3,42 dan IPK tertinggi berhasil dicapai atas nama Muhammad Haikal dari Fakuktas Hukum dengan nilai 3,95.

Rektor UBB, Dr Ibrahim, MSi mengatakan rangkaian prosesi wisuda yang digelar sama seperti pelaksanaan sebelumnya selama pandemi. Menurutnya, pelaksana tersebut memiliki nilai-nilai positif dari pelaksanaan wisuda yang digelar setiap tahun sebelum pandemi.

“Dengan metode ini pelaksanaan dapat dilakukan di kampus sehingga mengajak keluarga ataupun orang tua melihat langsung kampus tempat menuntut ilmu, selain itu keluarga juga bisa berkumpul di fakultas masing-masing, dan yang lebih hikmatnya lagi di sini orang tua bisa ikut dampingi anaknya langsung sampai di batas pemberhentian pemindahan kuncir dan pengambilan ijazah. Ke depannya ini akan kita pertimbangkan dan juga waktu yang digunakan dalam prosesi wisudah pun juga efisien dan efektif,” kata Ibrahim.

Menurutnya, saat pro­sesi berlangsung, para wisudawan/wisudawati dengan pujian di wisuda terlebih dahulu. Kemudian dilanjutkan dengan penyerahan ijazah dan pemindahan kuncir yang selanjutnya diikuti oleh setiap fakultas secara bertahap.

Ibrahim menjelaskan guru hebat adalah guru yang mempunyai murid jauh lebih baik dan hebat. “Selamat kepada seluruh wisudawan/ti UBB yang telah menugaskan mimpi pribadi, selamat terjun kedunia yang lebih luas setelah mendapat gelar sarjana, kalian adalah pewaris tahta yang menjadi cerminan,” jelasnya.

Dia berharap 220 wisudawan/ti bisa menjadi wajah depan UBB di lapa­ngan. “Mereka akan menjadi orang-orang yang nantinya akan menjadi representasi UBB baik dari sisi keilmuan dan kemanusiaan, dan juga masa depan keluarga. Tentu saja bagi kami mereka adalah deglegasi secara keilmuan untuk turun ke dunia kerja, dan bagi mahasiswa yang sedang belajar agar jangan terlalu phobia dengan pembelajar online karena ini menjadi kebutuhan,” tegasnya.

Diakuinya, lulusan UBB saat ini sudah mencapai angka di atas 5.000 lulusan. Yang mana dari total tersebut 80 persen di antaranya sudah bekerja. “Sebenarnya semuanya bekerja, dari hasil tracer studi kita memang 80 persen lulusan sudah terserap di dunia bekerja, dan di sini tinggal pemerintah yang memperluas lapangan pekerjaan lebib luas lagi,” tambahnya.

Selain itu, pihaknya juga mengadakan program binaan mentoring kepada wisudawan/ti angkatan ke-XXI tahun 2020. Di mana wisudawan/ti ini dibekali dan dibimbing penguatannya secara psikologis dan kekuatan mentalitasnya dalam menghadapi dunia kerja. “Ini menjadi kesempatan untuk ke depan kita lebih mengupgrade kesiapan wisudawan/ti terjun ke dunia kerja, di mana di sini kita menggandeng Ika Alumni menjadi narasumber, serta terus melakukan tracer studi dan juga perbaikam kurikulum merdeka belajar,” kata Ibrahim. (adv/t3/bow)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved