Breaking News:

Kesehatan

Bisa Alami Penuaan Tanpa Disadari, Ini 4 Cara Jaga Kesehatan Tulang Belakang

Kondisi tersebut bisa membuat kita rentan mengalami sakit punggung, yang pastinya akan berdampak negatif pada aktivitas dan produktivitas kita.

freepik/jcomp
Ilustrasi tulang belakang 

BANGKAPOS.COM - Tanpa kita sadari, tulang belakang juga mengalami penuaan. Biasanya, hal ini mulai terjadi ketika kita berada diusia 20 hingga 30 tahunan.

Kondisi tersebut bisa membuat kita rentan mengalami sakit punggung, yang pastinya akan berdampak negatif pada aktivitas dan produktivitas kita.

Menurut spesialis tulang belakang, Kush Goyal, perubahan degeneratif padat tulang belakang bisa menyebabkan rasa nyeri di area punggung.

"Akan tetapi, kasus itu jarang terjadi. Perubahan degeneratif tidak selalu menyebabkan masalah serius," tambahnya.

Sebagai bentuk antisipasi, kita harus melakukan upaya pencegahan agar tulang punggung kita tetap sehat.

Penuaan atau perubahan degeneratif pada tulang belakang juga seringkali menyebabkan kelemahan progresif keseimbangan tubuh yang buruk nyeri di area punggung dalam waktu lama.

Tak jarang, penuaan pada tulang belakang juga bisa memicu gangguan pencernaan atau kandung kemih karena tekanan pada sumsum tulang belakang atau akar saraf.

Tips menjaga kesehatan tulang belakang Agar semua hal buruk itu tak terjadi, kita perlu menjaga kesehatan tulang belakang kita.

Berikut tips menjaga kesehatan tulang belakang:

1. Jauhi gaya hidup merokok
Tembakau memiliki efek negatif yang signifikan pada kesehatan tulang belakang.

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved