Breaking News:

Virus Corona di Bangka Belitung

Pasien Terkonfirmasi Covid-19 Tetap Bisa Mencoblos saat Pilkada 2020, Ini Mekanismenya

Orang yang terkonfirmasi positif Covid-19 tetap bisa menggunakan hak pilih atau mencoblos dalam Pilkada 2020 nanti dengan ketentuan yang berlaku

ISTIMEWA
Divisi Teknis Penyelenggaraan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bangka Belitung, Pudjiarti 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Divisi Penyelenggaran Teknis Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bangka Belitung, Pudjiarti mengatakan orang yang terkonfirmasi positif Covid-19 tetap bisa menggunakan hak pilih atau mencoblos dalam pilkada serentak 2020 nanti dengan ketentuan yang berlaku.

"Kalau rumah sakit tempat pasien di karantina berada di dalam wilayah pemilihan pilkada maka bisa memilih, tetapi kalau di balai wisma BKPSDM Provinsi Kepulauan Babel itu wilayah Pangkalpinang maka tidak bisa difasilitasi," ujar Pudjiarti, Jumat (6/11/2020).

Dijelaskannya, bila ada seseorang yang terkonfirmasi positif Covid-19 ketika waktu pemilihan dan sesuai ketentuan wilayah dilayani KPU maka ada solusi yang diberikan oleh KPU.

"Maka akan ada petugas KPPS (kelompok penyelenggara pemungutan suara) terdekat yang akan mendatangi (bisa dua orang tetapi sesuai kebutuhan di lapangan). Tentu saja dengan mengenakan alat pelindung diri yakni baju hazmat dan menerapkan protokol kesehatan serta nanti ditemani saksi dari paslon," kata Pudjiarti.

KPU Babel juga memberikan fasilitas pemilihan kepada masyarakat dengan beberapa kategori yakni umum dan khusus misalnya sakit (bukan covid-19) dirawat di rumah dan sedang dirawat di rumah sakit.

"Kita berikan pelayanan kepada pemilih yang sakit di rumah paling lambat satu hari sebelum tanggal 9 Desember 2020, harus diberi tahu, nanti akan didata maka akan didatangi petugas KPPS ke rumah. Bahkan 3 hari sebelumnya akan ada petugas mendata sampai H-1 siapa saja pasien yang menginap di rumah sakit, sehingga nanti bisa didatangi atau dibuat TPS khusus di rumah sakit," jelas Pudjiarti.

Bahkan tak hanya rumah sakit, fasilitas khusus ini juga diberikan kepada para penghuni lapas agar hak pilihnya tetap bisa digunakan.

Jalur Saat Pencoblosan Pilkada Serentak, Ada Bilik Khusus Bagi Suhu Tinggi

Di tengah pandemi Covid-19 beberapa tatanan kehidupan berubah, sama halnya dengan jalur atau proses saat masyarakat ingin mencoblos saat Pilkada serentak 2020 ini.

Bangkapos.com merangkum terkait jalur pencoblosan bagi masyarakat umum yang datang ke TPS terdekat meliputi :

Halaman
12
Penulis: Cici Nasya Nita
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved