Breaking News:

Pimpin Apel Siaga Bencana, Sahirman Minta Semua Berperan Cegah Bencana

Kejadian bencana seringkali memunculkan gelombang keprihatinan berbagai pihak, mulai dari pemerintah hingga di lapisan masyarakat

Ist
Pjs Bupati Bangka Barat Sahirman Djumli memeriksa pasukan di sela apel siaga bencana, Jumat pagi. 

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Kejadian bencana seringkali memunculkan gelombang keprihatinan berbagai pihak, mulai dari pemerintah hingga di lapisan masyarakat secara umum.

Pasalnya, kejadian bencana tidak hanya dapat menghancurkan infrastruktur yang sudah ada, tetapi bisa mengakibatkan jatuhnya korban jiwa.

Hal itu mendorong perlunya upaya yang lebih intensif dengan melibatkan semua elemen untuk mengurangi dampak kerugian akibat bencana, termasuk memperkuat koordinasi agar penanggulangan bencana berjalan maksimal.

Demikian intisari sambutan Pjs Bupati Bangka Barat Sahirman Djumli saat memimpin apel siaga bencana yang diikuti personil TNI Polri dan stakeholder terkait, Jumat 6 November 2020.

"Saat ini kita hadir dalam rangka apel siaga bencana kabupaten Bangka Barat yang diinisiasi Polda Kepulauan Bangka Belitung sebagai bentuk sinergitas antara Polres Bangka Barat dan seluruh unsur terkait penanggulangan bencana," kata Sahirman.

Sahirman menyebut secara geografis Indonesia merupakan negara kepulauan yang sangat rawan bencana dengan curah hujan berintensitas tinggi disertai banjir, tanah longsor, gempa bumi, tsunami dan kebakaran hutan serta lahan.

"Bencana menyebabkan kerusakan lingkungan termasuk merusak sarana prasarana vital. Ini diperburuk dengan intensitas kejadian bencana yang kerab tak dapat diprediksi sehingga tak ayal bencana menghasilkan puing, sampah, lumpur. Maka disinilah pentingnya sinergitas seluruh elemen masyarakat dalam mengatasi penanggulangan bencana di Bangka Barat," ujarnya.

Dirinya lantas berharap, para stakeholder terkait yang hadir dalam apel siaga bencana untuk terus berkoordinasi dan menyampaikan informasi terkait bencana daerah di Bangka Barat agar nantinya potensi kejadian bencana bisa lebih cepat diatasi.

Editor: Ardhina Trisila Sakti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved