Breaking News:

Penanganan Covid 19

PENYEBARAN Virus Corona Lebih Parah saat Musim Hujan, Benarkah?

Panji pun mencoba melihat bagaimana penyebaran dua virus selain Covid-19 pada musim hujan di Indonesia, yakni influenza dan virus corona.

Darwinsyah/BangkaPos
Ilustrasi 

BANGKAPOS.COM -  Memasuki akhir tahun, biasanya ditandai dengan masuknya musim hujan.

Seperti diketahui, belakangan ini beberapa daerah di Indonesia sudah mulai diguyur hujan, bahkan tak sedikit daerah yang mulai didatangi air bah atau banjir.

Melihat hal tersebut, masyarakat yang tengah berjuang mengusir virus corona mulai panik akankah musim hujan ini akan mempercepat penyebaran Covid-19.

Menurut dr Panji Hadisoemarto, dosen Departemen Ilmu Kesehatan Masyarakat dari Fakultas Kedokteran Universitas Padjajaran (Unpad) Bandung, Jawa Barat hingga saat ini belum ada banyak informasi terkait pengaruh musim hujan dengan penyebaran Covid-19 di Indonesia.

Sementara itu, dari hasil beberapa riset awal yang dilakukan di negara-negara dengan empat musim ditemukan bahwa suhu dan kelembapan yang tinggi (musim panas) berasosiasi pada menurunnya transmisi Covid-19.

"Tetapi saya enggak terlalu yakin kalau itu akan terjadi di Indonesia," kata Panji dihubungi Kompas.com, Selasa (3/11/2020).

Panji pun mencoba melihat bagaimana penyebaran dua virus selain Covid-19 pada musim hujan di Indonesia, yakni influenza dan virus corona selain SARS-CoV-2 (batuk dan pilek).

1. Influenza

Panji berkata bahwa penularan virus influenza di negara empat musim memuncak saat musim dingin, di mana kelembapan dan suhunya rendah.

"Namun jika dilihat di Indonesia dan Thailand, influenza lebih banyak di musim hujan," paparnya.

Halaman
12
Penulis: tidakada003
Editor: Edi Yusmanto
Sumber: Grid.ID
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved