Breaking News:

Bangka Selatan Election

Pengamat: Riza-Debby Pemenang Debat Pertama Pilkada Basel

Pasangan calon bupati dan wakil bupati Kabupaten Bangka Selatan (Basel) nomor urut 4, Riza Herdavid dan Debby Vita Jamro mendominasi panggung debat pe

Editor: Iwan Satriawan
ist
Pengamat: Riza-Debby Pemenang Debat Pertama Pilkada Basel 

BANGKAPOS.COM, BANGKA-Pasangan calon bupati dan wakil bupati Kabupaten Bangka Selatan (Basel) nomor urut 4, Riza Herdavid dan Debby Vita Jamro mendominasi panggung debat pertama pemilihan kepala daerah.

Mereka sangat percaya diri dalam menyampaikan visi dan misi serta program kerja dibandingkan kandidat lainnya.

Pengamat Kebijakan Publik, Jumli Jamaluddin mengatakan, Riza Herdavid sangat diuntungkan dengan pengalamannya sebagai wakil bupati.

Ia pun dinilai lebih menguasai situasi sebenarnya di lapangan.

"Program yang sangat menarik bagi saya dari pasangan nomor 4 yaitu birokrasi tanpa jarak. Memang kondisinya selama ini masyarakat bawah kesulitan menjangkau birokrasi-birokrasi pemerintah dan menemui pejabatnya," kata Jumli kepada awak media, Senin (9/11/2020).

Menurut dia, kondisi seperti itu telah terjadi lama dan hingga sekarang belum mendapatkan perhatian serius dari pemerintah daerah.

Apalagi warga yang tinggal di pelosok-pelosok daerah sangat kesulitan menjangkau pelayanan publik.

Oleh karena itu, Jumli berharap komitmen tersebut dapat segera direalisasikan ketika Riza Herdavid dipercaya menjadi orang nomor satu di Negeri Junjung Besaoh.

?Masyarakat sangat berharap ketika mereka terpilih, maka harus siap mengimplementasikan apa yang menjadi komitmen yang disampaikan di debat publik," kata dia.

Jumli berpendapat visi dan misi serta program kerja yang digagas Riza Herdavid dan Debby Jamro begitu realistis, sehingga mampu mengakomodir keluhan-keluhan dari warganya.

Selain itu, komitmennya mewujudkan pemerintahan yang bersih akan mendapatkan banyak dukungan.

"Pernyataan terahir dari pasangan Riza-Debby, saya melihat di sana bahwa mereka meyatakan dari visi misi yang dibuat dan paling penting untuk masyarakat di Bangka Selatan itu berkaitan dengan implementasi dari komitmen mereka," kata dia.

Dari segi kekompakan tim, Jumli menilai pasangan Riza Herdavid dan Debby Jamro telah mendapatkan kecocokan.

Hal ini menunjukkan program kerja yang disusun berdasarkan kesepakatan bersama.

Tak hanya itu, Riza dan Debby pun membagi porsi menjawab pertanyaan yang sama sehingga tak terkesan adanya dominasi salah satu pihak.

Sinergitas antara bupati dan wakil bupati menjadi salah satu indikator penting dalam menentukan kesukses pasangan pemimpin pada debat publik.

"Pada beberapa pertanyaan yang berkaitan dengan birokrasi pemerintahan mereka mendominasi karena merupakan petahana. Paling tidak memiliki pengalaman untuk menjadi dasar dalam menjawab dan menjelaskan pertanyaan di depan publik," kata dia.

Sebagai informasi, pada Pilkada tahun 2020, Riza Herdavid maju sebagai Calon Bupati Kabupaten Basel berpasangan dengan Bakal Calon Wakil Bupati Debby Vita Jamro.

Dirinya maju sebagai bupati setelah mengantongi rekomendasi dari Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan dan empat partai yang tergabung dalam koalisi 'Berdoa Basel Menang'.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved